Ketua DPRD Tana Toraja Pantau Penyaluran BLT Desa Buakayu




TORAJA - Ketua DPRD Welem Sambolangi selaku Tim Pengarah Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Tana Toraja memantau penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) menggunakan dana desa tahap pertama di desa Buakayu kecamatan Bonggakaradeng, Rabu(27/5).

"Pemantauan ini untuk melihat sejauh mana aparat desa menjalankan amanat Kementrian Desa menyalurkan dana desa kepada masyarakat terdampak Covid -19," ujar Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi.

Welem mengapresiasi kesiapan aparat lembang Buakayu dalam menyalurkan BLT yang dipusatkan di kantor desa Buakayu. Berdasarkan pemantauan di lapangan, penyaluran BLT di desa Buakayu berjalan lancar. Bahkan, beberapa warga penyandang disabilitas juga masuk dalam daftar penerima BLT. 

Begitu juga warga penerima yang berhalangan hadir menerima BLT dana desa di kantor lembang, aparat desa mengantarkan langsung ke rumah yang bersangkutan. Diharapkan dengan BLT dana desa dapat meringankan beban masyarakat miskin dan terdampak pandemik Covid-19.

"Semoga pandemi corona ini dapat segera berakhir, dan kehidupan kembali normal,” kata Welem.

Penyaluran BLT di desa Buakayu juga dipantau sejumlah anggota DPRD Tana Toraja daerah pemilihan (dapil) III meliputi kecamatan Bonggakaradeng, Rano, Mappak dan Simbuang. Diantaranya, Agustinus Patinggi dan Aser Pakabu.

"Kami selaku anggota dewan menjalankan tugas untuk mengawasi proses penyaluran BLT dana desa ke masyarakat,” kata anggota DPRD Tana Toraja, Agustinus Patinggi.

Kepala desa Buakayu, Jhonlie  Sandakila mengatakan jumlah penerima BLT dana lembang Buakayu sebanyak 136 orang.

"Penentuan dan penetapan penerima BLT dana desa transparan karena melibatkan semua pihak. Termasuk melibatkan aparat kemanan dari TNI/Polri dan pendamping desa," katanya.

Previous Post Next Post