Atlet Disabilitas NPC Palopo Siap Berlaga di Peparprov ke-5 Makassar, Kapolres Palopo Beri Dukungan

Atlet Disabilitas NPC Palopo Siap Berlaga di Peparprov ke-5 Makassar, Kapolres Palopo Beri Dukungan

 

PALOPO - Atlet disabilitas yang tergabung dalam National Paralympic Committee (NPC) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, mulai melakukan pemusatan latihan. Pemusatan Latihan dilakukan di Stadion La Galigo Palopo.


Sekretaris Umum NPC Kota Palopo, Muhammad Aliah, mengatakan NPC Kota Palopo akan berangkat menuju Kota Makassar untuk mengikuti ajang 4 tahunan pesta olahraga disabilitas tertinggi tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Pekan Paralympic Provinsi (PEPARPROV) ke-5, setelah sebelumnya direncanakan digelar di Kabupaten Sinjai dan Bulukumba, namun gagal dilaksanakan sehingga NPC dan Dinas Pemuda dan Olah raga (Dispora) Provinsi Sulawesi Selatan mengalihkan pelaksanaanya di GOR Sudiang Makassar.


“Peparprov ke-5 Sulsel akan menggelar beberapa pertandingan olahraga yaitu panahan, atletik, balap kursi roda, renang, tenis meja, bulu tangkis, catur dan Showdown (tenis meja khusus netra) dan semua akan kami ikuti,” kata Aliah, saat dikonfirmasi, Kamis (01/12/2022). 


Menurut Aliah, pihaknya ingin kegiatan tersebut memacu atlet agar mampu berprestasi di tingkat provinsi dan menjadi nasional nanti.


“Kami mengharapkan dukungan semua pihak dan masyarakat Kota Palopo, atlet disabilitas kita mampu berbuat yang terbaik dan tetap berada di jalur 5 besar Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) dalam perolehan medali,” ucap Aliah.


Lanjut Aliah, meski kondisi tahun ini dana pemberangkatan para atlit disabilitas minim di Palopo, namun pihaknya tetap berbuat maksimal untuk meraih juara.


“Semoga kedepannya, penganggaran kemajuan olahraga disabilitas Kota Palopo, dapat lebih ditingkatkan, kalau tahun ini kami tetap berupaya meski pendanaan minim, uang saku para atlit saja tidak ada beda dengan atlit Porprov kemarin itu rata-rata Rp1 juta kalau kami nihil,” ujar Aliah.


Dikunjungi Kapolres Palopo


Para atlit Atlet disabilitas ini mendapat suport dari Kapolres Palopo AKBP Muhammad Yusuf  Usman saat berlatih di Stadion Laga Ligo dengan memberikan dukungan dan motivasi, dan pendanaan nsebagai bukti perhatian dan dukungan Kapolres demi kemajuan olahraga disabilitas di Kota Palopo.


"Tetap semangat bertanding, semoga meraih juara dan hasil terbaik demi nama baik Kota Palopo," tutur Yusuf Usman.


Pada kunjungannya tersebut Kapolres Palopo memberikan ucapan selamat Hari Disabilitas Internasional, kepada penyandang disabilitas Kota Palopo yang diperingati setiap tanggal 3 Desember.


"Mari kita wujudkan solusi transformatif untuk pembangunan inklusif, peran inovasi dalam mendorong dunia yang setara dan aksesibeL. Semoga partisipasi bermakna warga Kota Palopo, dapat kita wujudkan menuju pembangunan inklusi, ramah disabilitas dan berkelanjutan," harap Yusuf Usman.


Previous Post Next Post