Aliansi Morowali Salurkan Dana Pembangunan Sul-Bar Rp58,8 Juta Melalui ACT Palu
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

PALU - Lembaga Kemanusian Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Kota Palu, Sulawesi Tengah, menerima bantuan tunai dari Aliansi Morowali Peduli Sulawesi Barat sebesar Rp58.800.000.

Penyerahan bantuan diserahkan di kantor ACT Kota Palu jalan Jenderal Basuki Rahmat No.71, Tatura Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada Kamis (28/01/2021) lalu.

“ Bantuan yang kami salurkan ini kepada ACT guna diperuntukkan untuk pembangunan rumah ibadah di Sulawesi Barat yang mengalami kerusakkan fatal, akibat terjadinya  gempa, yang menimbulkan bangunan-bangunan rumah warga dan beberapa bangunan rumah ibadah seperti Masjid mengalami kerusakan berat,” kata Siliwanus, kordinator Aliansi Morowali Peduli Sulawesi Barat, melalui rilisnya, Sabtu (30/01/2021).

Menurut Siliwanus dana yang disalurkan  ini adalah sisa belanja yang diperuntukkan terhadap Sulawesi Barat, karena keterbatasan waktu para relawan yang  tergabung di aliansi, dikarenakan mereka adalah rata- rata karyawan perusahaan di Morowali.

“ Maka dari itu, kami memilih ACT sebagai mitra kelembagaan dalam perpanjangan tangan kami dalam memwujudkan Sulawesi Barat Bangkit dan Maju,” ucap Siliwianus.

Siliwanus menjelaskan bahwa di Aliansi ini terdapat dari 93 organisasi, Komunitas dan Lembaga Paguyuban Kerukunan. 

Selain ACT sebagai mitra kerjasama Aliansi Relawan Morowali Peduli Sulawesi Barat,  dalam memwujudkan Sul-Bar Bangkit, Sul- Bar Kuat, juga bekerjasama dengan sejumlah lembaga lainnya, seperti Wanadri dalam melakukan penyaluran bantuan logistik sesuai data assement yang mereka milki di titik terdampak  musibah bencana alam gempa bumi khususnya titik Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, kemudian, Mapala Universitas Sulawesi Barat dan kelompok Pencinta Alam asal Sulawesi Tengah,

Dalam penanganan gempa bumi di Sulbar, Aliansi Morowali juga mengutus tiga anggotanya bergabung di Komunitas Kanton Doraemon dalam melakukan kegiatan Trauma Healing dan pembuatan MCK di  Kecamatan Ulumanda, Majene.

Kepala Cabang ACT  Nurmarjani loulembah, mengucapkan terima kasih setinggi- tingginya  kepada rekan- rekan Aliansi Morowali Peduli Sul-Bar yang telah memyalurkan bantuannya kepada kami demi pembangunan di Sulawesi Barat pascagempa.

“ACT adalah lembaga sosial kemanusian, dimana terjadinya korban manusia terjadi, maka di situlah ACT hadir, salah satu contoh  gempa yahg terjadi saat ini di Sulawesi Barat kami menurunkan Masyarakat Relawan Indonesia,” ujar Nurmarjani.

“ Terima kasih banyak atas kepercayaan dari Aliansi Morowali Peduli yang telah menyalurkan bantuan melalui ACT Kota Palu dalam mewujudkan Sul-Bar Bangkit, Sul-Bar Kuat ” lanjut Nurmarjani

Penulis : Rahman, SE

Kordinator Riset dan Teknologi  Forel Bahodopi

Previous Post Next Post