Tanah Longsor di Toraja, Satu Warga Tewas Tertimpa Material saat Sedang Tidur
INSPIRASI TIMUR INDONESIA



TANA TORAJA – Bencana tanah longsor kembali terjadi di Tana Toraja setelah hujan deras terjadi sejak Rabu (25/03/2020) sore, hingga Kamis (26/03/2020) dini hari menyebabkan satu rumah warga tertimpa material longsor di Kelurahan Talion, Kecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. 

Dalam kejadian ini seorang petani bernama  Usman Tato' Alias Ambe Littu (69) tewas tertimpa material saat sedang tidur.

Menurut salah seorang warga Atti (30) mengatakan saat meliahat tanah tongsor yang terjadi di samping rumah korban, dirinya sempat membangunkan korban yang sedang tidur untuk pindah ke rumah diseblahnya, namun tidak di indahkan oleh korban.

“Saya datang bangunkan tai dia tidak indahkan, dan pada sekitar pukul 03.00 WITA terjadi longsor susulan yang mengakibatkan rumah yang ditempati korban tertimbun longsor,” kata Atti  saat dikonfirmasi, Kamis (26/03/2020).

Menurut Atti, setelah melihat korban sudah tertimbun longsor dia memanggil saksi bernama Nurdin (23) yang juga anak korban untuk membantu mengeluarkan korban, namun tidak mampu karna material yang cukup banyak.

“Sekitar pukul 05.00 WITA saya kembali memanggil tetangga untuk membantu mengevakuasi korban,” ucap Atti.

Kapolsek Saluputti AKP Martinus Pararuk bersama Kanit Reskrim Bripka Saran Tonapa, mendatangi lokasi tanah longsor.

“Pihak keluarga korban melaporkan kejadian ini di Polsek Saluputti sekitar pukul 05.30 WITA dan kami langsung ke lokasi dan meminta keterangan saksi-saksi terkait adanya korban yang tewas tertimpa longsor,” ujar Martinus.

Martinus mengatakan atas kejadian tersebut pihak keluarga  menerima kematian korban dengan iklas dan membuat surat pernyataan penolakan untuk dilakukan autopsi.

Hingga saat ini Satgas Bencana dari BPBD, Kepolisian, TNI dan Tagana masih di lokasi melakukan pembersihan material dan menyalurkan bantuan kepada keluarga korban.



Previous Post Next Post