Angin Kencang Rusak Tongkonan di Rantepao
INSPIRASI TIMUR INDONESIA



                                                                                            
TORAJA UTARA - Angin kencang disertai hujan deras yang terjadi di kelurahan Saloso, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara,  Sulawesi Selatan, sejak Kamis (30/01/2020) petang  memporak porandakan rumah adat atau Tongkonan milik warga.


Pemilik tongkonan yang mengalami kerusakan, Jumat (31/01/2020) siang  mulai melakukan  pembenahan dan mengumpulkan perkakas yang masih bisa digunakan.   

Pemilik rumah yang menjadi korban, Leo Paseru (62) mengatakan kejadian ini membuat 3 unit  lumbung di tongkonan mengalami kerusakan parah.

“Ada 3 unit lumbung kami yang rubuh, dalam lumbung terdapat gabah dan beras sebagian basah saat rubuh, dalam kejadian ini kerugian yang kami alami mencapai 180an juta,” kata Leo, saat dikonfirmasi di lokasi Jumat (31/01/2020).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toraja Utara, Alexander Tappang mengatakan kejadian hujan deras dan angin kencang terjadi dalam beberapa hari terakhir di Toraja Utara dan menyebabkan kerusakan pada lumbung warga.

“Kami mengimbau kepada warga agar waspada dengan cuaca buruk yang terjadi saat ini, terutama pada sore hingga malam hari,” ujar Alexander.

Previous Post Next Post