Karena Meninggal dan Hamil, JCH Palopo Berkurang Menjadi 115 Orang






PALOPO – 2 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Palopo tahun ini dinyatakan Batal Tunda berangkat Haji karena ada yang Meninggal Dunia dan Hamil, sehingga kuota JCH Kota Palopo yang semula 117 orang menjadi 115 orang.

Kepala Kementerian Agama Kota Palopo,  Usman mengatakan sebanyak 117 Jemaah Calon Haji  (JCH)  Kota Palopo direncanakan akan berangkat pekan depan, dari 117 orang jemaah tersebut mengalami pengurangan menjadi 115 orang dengan alasan 1 orang meninggal dunia dan 1 orang tengah hamil.

"Karena meninggal dunia dan sedang hamil, maka jumlah jemaah akan berangkat menjadi 115 orang, 2 orang yang batal berangkat telah melakukan proses pelunasan biaya haji,  namun karena persolan kesehatan maka mereka batal atau keberangkatannya ditunda. Calon jemaah yang meninggal dunia adalah  Maming Hanafi, sementara Alini Jumain  dalam keadaan hamil,” kata Usman saat dikonfirmasi Selasa (09/07/2019).

Menurut Usman, untuk JCH yang meninggal dunia, dananya  akan dikembalikan dalam keadaan utuh pada pihak keluarga.

"Pengembalian dananya tentu harus melalui prosedur,  diantaranya melampirkan surat keterangan kematian dari rumah sakit atau kelurahan,” ucapnya.

Sementara yang hamil bernama Alini Jumain dinyatakan batal tunda karena tidak diperkenankan berangkat ke tanah suci berdasarkan aturan dinas kesehatan, ketika pemeriksaan kesehatan dinyatakan hamil maka tidak diberangkatkan apalagi kalau sudah di asrama haji disana lebih ketat,” ujarnya.

Usman menambahkan bahwa dengan berkurangnya jumlah Jemaah Calon Haji Kota Palopo maka tidak ada lagi penambahan atau digantikan karena sudah terproses dan sudah pelunasan.

“Tidak ada lagi masa pelunasan sekarang, sehingga tahun akan datang yang hamil saat ini bisa berangkat. Kemudian yang meninggal tahun depan bisa digantikan oleh ahli warisnya sepanjang dia tidak menarik dananya,” jelasnya  

Jumlah daftar tunggu calon jemaah haji Kota Palopo saat ini mencapai 2.300 orang atau harus menunggu 21 tahun untuk melaksanakan ibadah haji.

Previous Post Next Post