Longsor Lembang Miallo Tana Toraja, Akses dan Rumah Warga Terputus, 2 Orang Terluka

 
TANA TORAJA – Bencana tanah longsor terjadi di Lembang Miallo, Kecamatan Mappak, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.


Kapolsek Simbuang Mappak, Iptu Andarias Tonapa, mengatakan bencana tanah longsor mengakibatkan rumah warga rusak dan 2 orang terluka.


“Data sementara korban tanah longsor yakni  2 orang warga mengalami luka serius,  8  rumah warga mengalami rusak berat dan 1 unit  rumah warga yang rata tertimbun longsor, tidak ada harta benda mereka yang terselamatkan dan 1 rumah mengalami rusak ringan,” kata Andarias Tonapa melalui rilis yang disampaikan, Rabu (14/12/2022).


Menurut Andarias, longsor terjadi sejak Rabu (14/12/2022)  dini hari  akibat hujan deras yang melanda daerah tersebut sejak beberapa hari terakhir.


“Saat ini akses menuju Miallo  masih tertutup longsor, kendaraan tidak dapat melintas,” ucap Andarias.


Lanjut Andarias, bagi pengendara yang akan menuju daerah Miallo untuk sementara waktu ditangguhkan karena masyarakat dan Pemerintah daerah sementara berusaha untuk membuka akses.


“Kepada warga yang bermukim di daerah ini seperti di pinggir jalan, pinggiran gunung atau bantaran sungai agar sementara waktu ini mencari tempat yang aman untuk menghindari  longsor susulan,” ujar Andarias.


Perangkat Lembang Miallo, Bangun Silla menyebut para korban mengungsi di rumah warga sekitar dan membutuhkan logistik berupa bahan makanan dan pakaian.


“Warga membutuhkan bahan makanan dan pakaian karena rumah mereka rusak bahkan ada yang sudah rata tanah, sementara akses untuk masuk cukup sulit,” tutur Bangusn Silla.


Berikut Data sementara nama warga terdampak bencana longsor :

- Korban luka atas nama Tasik dari Panusuk, terluka dibagian dada yang terhimpit material rumah.

- Korban luka atas nama Solon, mengalami Patah kaki.

- Rumah milik keluarga Pasak hilang terbawah longsor.

- Rumah Ambe Nober, rusak berat.

- Rumah Indok Lina, rusak berat.

- Rumah Rerung, rusak berat.

- Rumah Ambe Dewi, tergeser.

- Dilaporkan 3 Rumah warga juga ikut terdampak dan mengalami kerusakan ringan.

 

Previous Post Next Post