Rumah Rusak Akibat Angin Puting Beliung di Desa Lengkong Bertambah Jadi 27 Unit
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 

LUWU - Bencana angin puting beliung yang melanda warga di Desa Lengkong, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (22/6/2022) dini hari,  membuat rumah warga rusak dan sejumlah fasilitas umum lainnya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu menyebutkan sedikitnya 27 rumah warga rusak dan fasilitas umum lainnya. 

“Kami masih melakukan asesmen di lokasi, data sementara kerusakan akibat puting beliung yakni rumah rusak berat 5 unit,  rusak sedang 9 unit,  rusak ringan 13 unit, Sekolah Dasar  1 unit dan Polindes 1 unit,” kata Aminuddin saat dikonfirmasi di lokasi, Rabu. 

Lanjut Aminuddin, dari 27 unit rumah rusak saat ini, ratusan jiwa yang terdampak akibat puting beliung. 

“Jadi jumlah yang terdampak  yaitu sebanyak 32 Kepala Keluarga (KK) dan 212 jiwa, korban jiwa tidak ada, sementara warga yang rumahnya rusak berat mengungsi ke rumah keluarganya yang tak jauh dari lokasi,” ucap Aminuddin.

Warga yang rumahnya rusak kini mulai membenahi dengan melakukan pembogkaran terutama pada bagian atap dan dinding. 

Pembenahan dilakukan secara gotong royong dibantu Tim Reaksi Cepat (TRC)  BPBD Luwu,  personel Polisi Sektor Bua dan TNI.

“Di lokasi kami bekerja bersinergi dengan TNI, Polri, Camat, Dinas Kesehatan, Tagana Dinas Sosial, PMI dan sejumlah relawan melakukan penanganan. Hari ini Dinas Kesehatan akan melakukan pengecekan kesehatan bagi korban terdampak,” ujar Aminuddin. 

Pihak BPBD Luwu dan Tagana Dinas Sosial akan mendirikan Posko dan dapur umum untuk membantu warga di lokasi memenuhi kebutuhannya.

“Kami mendirikan posko dan dapur umum, di lokasi warga butuh perlengkapan berupa tenda terpal, makanan siap saji, air mineral dan kebutuhan alat tidur,” tutur Aminuddin. 

Pantauan di lokasi tiang listrik milik PLN yang tumbang dan mengakibatkan pemadaman lampu kini tengah dibenahi oleh PLN.

Previous Post Next Post