Kebakaran Hebat Hanguskan Rumah Adat Tongkonan di Toraja Utara, Kerugian Mencapai 1,2 Miliar
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


TORAJA UTARA
- Sebuah rumah panggung dan Tongkonan (Rumah Adat) di Lingkungan Kadundung, Kelurahan Tagari, Kecamatan Balusu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, hangus dilalap si jago merah, Minggu (20/3/2022).

Peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 16.20 Wita. Pertama kali diketahui oleh warga bernama Damaris Menden Kalibu (49). Menurut dia, api bermula dari lantai dua rumah panggung.

Melihat kejadian itu, dia langsung berteriak meminta pertolongan. Namun api begitu cepat membesar hingga menghanguskan bangunan rumah dan juga merambat ke bangunan Tongkonan yang ada disamping rumah.

Saat kejadian sejumlah warga yang datang ke lokasi berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya.

Mobil pemadam kebakaran juga diturunkan ke lokasi sebanyak lima unit. Petugas pemadam kebakaran dan warga pun berjibaku memadamkan api. Sayangnya api semakin membesar hingga membakar habis bangunan Tongkonan.

Sementara itu, Kapolsek Sa'dan Balusu, Iptu Sirenden, yang dikonfirmasi via sambungan telepon mengatakan, penyebab kebakaran sedang dalam penyelidikan.

"Penyebab kebakaran belum diketahui, sementara dalam penyelidikan," kata Iptu Sirenden Minggu malam.

Dari informasi yang dihimpun, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Saat peristiwa terjadi rumah dan tongkonan dalam keadaan kosong.

Namun pemilik rumah sekaligus tongkonan mengalami kerugian yang cukup besar, mencapai Rp 1,2 miliar. Itu termasuk uang tunai Rp 67 juta yang ikut terbakar.

"Dalam peristiwa kebakaran ini, uang Rp 67 juta ikut terbakar, serta dokumen-dokumen penting korban," pungkas Iptu Sirenden. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di akun resmi Fanpage Facebook Inspirasi Timur, dengan klik link https://bit.ly/3pgo7vY

Previous Post Next Post