Pemkab Luwu Utara Siapkan Lahan 14 Hektar untuk Lokasi Pembagunan Rumah Hunian Korban Banjir

Luwu Utara, Inspirasitimur.com - Pasca banjir bandang yang mengakibatkan enam kecamatan di kabupaten Luwu Utara, menyebakan ribuan rumah warga yang terendam dengan tumpuhan lumpur dan kayu.

Kapolres Luwu Utara AKBP Agung Danargito dalam konfresnsi persnya mengatakan bahwa bencana banjir bandang ini mengakibat fasilitas umum, rumah warga, kantor pemerintahan, sekolah, pasar tradisional, persawahan dan juga beberapa jembatan.

"Upaya terus dilakukan pemerintah daerah dibantu dengan TNI / Polri, dan untuk saat ini jalan trans Sulawesi belum bisa dilewati sebagaimana mestinya sehingga menggunakan jalur alternatif," kata AKBP Agung Danargito.

Ia juga menambahkan bahwa adapun fakta - fakta dilapangan sampai saat ini korban yang meninggal dunia terdapat 38 orang.

"Saat ini 38 warga yang meninggal dunia, ada empat yang belum teridentifikasi, korban luka sebanyak 106 orang, dilaporkan hilang sampai saat ini ada 7 orang, kerungian material diperkirakan 50 miliar, sedangkan jumlah masyarakat yang terdampak 3672 KK atau sekitar 14 ribu jiwa," tambah kapolre Luwu Utara.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat ditanya oleh salah satu wartawan terkait lahan pengungsi, status hunian lahan dan anggaran yang disiapkan terhadap hunian warga terdampak bencana.

Bupati Luwu Utara mengungkapkan bahwa mengenai hunian warga terdampak bencana sudah disiapkan bahkan seudah dibangun dan selebihnya sementara pembangunan.

"Untuk statusnya ini pinjam pakai, terkait dengan hunian tetap kami sementara proses konsolidasi data untuk memastikan bebera rumah yang rusak berat, rusak sedang, rusak ringan kemudian berapa rumah yang berada di daerah bantaran sungai," ungkap Indah

lebih lanjut Indah menjelaskan bahwa terkait untuk Hunian Tetap (Huntap) pemerintah daerah memiliki dua lokasi.

"lokasi huntap berada di dusun dusun Prodoa desa mappidecenga dan di desa Lamiri dekat gedung olah raga yang kurang lebih 14 hektar, untuk huntap ini kami bekerja sama dengan kementrian PUPR terutama dalam pembangunan rumah dan terkait besaran anggaranya tergantung rumah yang akan direlokasi," tutup Bupati Luwu Utara.

Hadir dalam konferensi pers Bupati Luwu Utara Hj. Indah Putri Indriani, S.I.P., M.H., dan Pabung Luwu Utara Kodim 1406 Sawerigading Mayor CZI. Syafaruddin

(*)
Previous Post Next Post