Inspirasi Timur

 





LUWU – Ikatan Pemuda Mahasiswa Luwu (IPMAL) dan Pemuda-Pemudi Bukit Harapan menggalang dana untuk korban kebakaran rumah warga Desa Bukit Harapan, Kabupaten Luwu.

Aksi Penggalangan dana ini dilakukan di 2 tempat yakni di jalan trans sulwesi Kecamatan Bua dan Kecamatan Belopa, Sabtu (13/06/2020).

Koordinator aksi penggalangan dana Hafid mengatakan aksi ini dilakukan atas keprihatinannya terhadap warga dusun Minanga, Desa Bukit Harapan yang rumahnya hangus terbakar pada Jumat (12/06/2020) dini hari lalu.

“Aksi ini adalah bentuk keprihatinan kami dimana pemilik rumah ibu Sumiati rumahnya hangus terbakar dan tak satupun barangnya yang diselamatkan kecuali pakaian yang tinggal di badan begitupun dengan anak-anak mereka,” kata Hafid.

Hafid mengatakan setelah dananya terkumpul mereka akan menyerahkan langsung ke korban dengan membelikan barang berupa pakaian, bahan makanan pokok dan uang tunai.

“Alhamdulillah hasil penggalangan dana kami dari warga terkumpul sebanyak Rp 3 juta dan akan kami salurkan buat korban,” ucap Hafid.
Sebelumnya pada Jumat (12/06/2020) rumah milik Sumiati (46) di Dusun Minanga, Desa Bukit Harapan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, hangus terbakar.
Rumah berpenghuni 5 orang ini yang di dalamnya terdiri 4 orang anak,  hangus terbakar sekitar pukul 01.00 WITA, diduga api berasal dari obat anti nyamuk bakar.

Warga berupaya untuk memadamkan api dengan alat sederhana karena di lokasi tidak dapat dijangkau armada pemadam kebaran, namun api tak dapat dijinakkan.

“Kondisi medan menyulitkan warga untuk memadamkan api, apalagi hanya dengan menggunakan alat manual seperti ember,” kata Sahrul saat dikonfirmasi, Jumat (12/06/2020).

Sahrul mengatakan meski kondisi di lokasi terjadi hujan ringan namun api sulit untuk dipadamkan.

“Di lokasi ada hujan ringan tetapi api sulit untuk dipadamkan, karena bangunan terbuat dari bahan mudah terbakar yakni kayu dan terpal,” ucap Sahrul.

Beruntung saat kejadian ini, penghuni rumah bergegas keluar menghindari api sehingga para penghuninya selamat.

Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 02.40 WITA  

Berikut data keluarga korban
1. Sumiati (46)
2. Rahma (11)
3. Pia (14)
4. Iman (5) 
5. Dandi (20)



Previous Post Next Post