Begini Langkah Pertamina Atasi Antrian Kendaraan di SPBU karena Kekurangan Solar




PALOPO – Guna mengurai antrian kendaraan di area Sentra Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Sulawesi, PT Pertamina (Persero) melakukan langkah proaktif dengan menambah penyaluran Solar dari 1,5 juta liter perhari menjadi 1,8 juta liter perhari.

Unit Manager Communication and CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII, Hatim Ilwan melalui rilisnya, Senin (18/11/2019)  mengatakan bahwa sampai dengan Hari Jumat (15/11/2019), Pertamina MOR VII Branch Sulawesi Selatan dan Tenggara (Sulseltra), telah menyalurkan rata-rata 1,5 juta liter Solar per hari ke 259 SPBU di wilayah tersebut, namun sejak Sabtu (16/11/2019) Pertamina sudah menambah penyaluran Solar sebanyak 17,3 persen di wilayah Sulseltra, menjadi 1,8 juta liter per harinya.

“Tidak hanya itu, Pertamina pun menyiagakan serta menambah ritase armada pengangkut BBM ke SPBU di wilayah tersebut, agar kebutuhan BBM di masing-masing SPBU yang disebabkan adanya peningkatan konsumsi masyarakat bisa dengan cepat juga dipenuhi," kata Hatim, Senin (18/11/2019).

Stok solarsubsidi pada tahun 2019 ini masih tersedia dengan realisasi hingga Oktober 2019 untuk Sulseltra mencapai 548 juta liter.

"Masyarakat diharapkan tenang dan tidak usah khawatir, mengisilah secara bijaksana dan sesuai kebutuhan," ucap Hatim.

Menurut Hatim, pihaknya tidak memungkiri masih adanya konsumsi solar oleh pihak-pihak yang tidak sesuai Perpres 191 tahun 2014 yang sulit dicegah seperti diinformasikan masyarakat.

"Dalam Perpres disebutkan kendaraan untuk pengangkutan hasil kegiatan perkebunan dan pertambangan dengan jumlah roda lebih dari enam buah tidak diperbolehkan menggunakan Solar subsidi, oleh karena itu kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mengkonsumsi Solar sesuai peruntukan, dukungan dari pemda, aparat keamanan dan masyarakat luas pun diharapkan guna sama-sama mengawasi agar Solar dikonsumsi oleh pihak sesuai peruntukan," ujarnya.

Hatim berharap masyarakat juga mulai beralih ke BBM berkualitas pengganti Solar seperti Dexlite maupun Pertamina Dex yang sudah tersedia di SPBU Pertamina sehingga tidak mengambil alokasi kuota konsumen yang memang berhak atas solar subsidi.


Previous Post Next Post