Inspirasi Timur

 





"Morowali punya banyak obyek dan daya tarik wisata yang eksotis " itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Morowali Dr H.Najamudin,S.Ag,S,Pd,M,Pd.saat membuka Pelatihan Geowisata khusus jelajah gua {Caving} yang dilaksanakan di Aula Wisata Laut Bungku (18/11/2019}

Lebih jauh Najamudin mengharapkan " dengan banyaknya daya tarik wisata di Morowali dibutuhkan kreativitas dan inovasi dari pelaku wisata untuk mendorong pengembangan kepariwisataan sehingga dapat menopang pariwasata nasional.Daya tarik wisata alam  {natural actraction} seperti Susur Gua  memang sangat penting dengan melihat potensi  beberapa gua karst yang ada di Morowali seperti Gua Tamanoa dan di beberapa lokasi lainnya.sehingga perlu disiapkan sumber daya manusia untuk mendukung kegiatan jelajah atau susur gua.

Pada kesempatan yang sama  Risman,SH, Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Morowali menguraikan " Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagaimana itu jelajah gua serta untuk mengetahui hal hal dasar dalam penyusuran gua { Caving} bagi pelaku wisata susur gua.Olehnya, Risman menambahkan . wisata susur gua adalah salah satu wisata yang tergolong ekstrim sehingga dibutuhkan keahlian khusus.dan disamping itu pelatihan ini juga untuk meningkatkan kesiapan kita menerima kunjungan wisata dan menjadikan Morowali salh satu destinasi wisata di Indonesia Timur.

Adapun Pemateri  dari kegiatan ini adalah Buntu Marannu Eppang ,Ph,D dari Politeknil Pariwisata Makassar dan Drs Adzan Djirimu Kadis Disporapar Morowali.Pelatihan  ini dihelat selama 3 hari 18 -20 November 2019. dengan peeerta sebanyak 45 orang  dari Kecamatan Bungku Tengah, Bungku barat,Bungku Timur,Bumi Raya,Witaponda dan Menui Kepulauan. (RLS/IK)
Previous Post Next Post