SPACE PANJANG

 







LUWU UTARA - Festival Keraton Nusantara XIII 2019 Tana Luwu dengan gelaran Festival Kuliner Berbahan Sagu, berlangsung di Lapangan Taman Siswa, asamba Luwu Utara.

Festival Kuliner Berbahan Sagu ini, digelar untuk tetap melestarikan dan mempertahankan makanan khas Tana Luwu, khusunya Luwu Utara.


Beragam makanan khas luwu utara yang berbahan dasar sagu disajikan dalam festival tersebut dengan masing-masing peserta dari tiap kecamatan mengantarkan makanan khasnya dengan cara dijunjung di lapangan untuk ditampilkan dan ada pula yang dibawa menggunakan rumah-rumah kecil atau disebut Rakki yang berisikan aneka makanan olahan sagu  dan dihiasi dengan nuansa adat Tana Luwu.  

Setelah dilombakan  aneka kuliner ini akan dimakan bersama warga yang hadir dan adapula yang dibawa untuk dipersembahkan kepada pemangku adat atau kepala pemerintahan.

Pangan lokal berbahan sagu ini diolah menjadi berbagai jenis makanan pengganti makanan pokok atau makanan berat seperti Dange, Kapurung dan lainnya yang dapat dipadukan dengan lauk pauk untuk dimakan, sementara makanan ringan berupa Ongol-ongol, Kolak, Cako-cako, Sinole kaluku dan berbagai olahan lainnya merupakan makanan ringan.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan bahwa sagu sebagai makanan identitas warga Luwu Utara, paya yang dilakukan agar tetap dipertahankan dan melestarikan Sagu sebagai bahan makanan pokok kedua  setelah Beras yakni membuat peraturan daerah tentang sagu yang kini sedang berjalan.



Previous Post Next Post