Banjir Sungai Bantimurung, 40 Rumah Terendam di Bone-bone


LUWU UTARA - Luapan Sungai Bantimurung, di Dusun Ulusaru, Desa Bantimurung Kecamatan Bone-bone, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, pada Senin (25/3/2024) malam menyebabkan puluhan rumah terendam banjir.

 

Pasi Intel Kodim 1403/Palopo, Kapten Kav Mursalim yang dikonfirmasi menyebutkan kejadian banjir terjadi pada pukul 21.00 Wita setelah diguyur hujan deras.

 

“Aliran Sungai Bantimurung setelah diguyur hujan deras di daerah Hulu mengakibatkan banjir dan  menggenangi pemukiman warga yang berada di sepanjang aliran sungai hingga ke hilir dengan ketinggian banjir mencapai 50 sentimeter,” kata Mursalim saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin.

 

Lanjut Mursalim, sebelumnya hujan deras mulai terjadi sekitar pukul 16.00 Wita dan pada pukul 20.00 Wita, debit air di Aliran sungai Bantimurung mengalami peningkatan dikarenakan besarnya intensitas hujan yang mengguyur di daerah hulu

 

“Banjir menyebabkan 40 unit rumah warga terendam setinggi 50 sentimeter, sehingga bahan makanan warga terendam termasuk alat dapur, peralatan tidur dan perlengkapan rumah tangga lainnya,” ucap Mursalim.

 

Menurut Mursalim, selain permukliman warga, sejumlah fasilitas dalam desa ikut terendam termasuk jalan dan persawahan.

 

Bangunan sekolah sebanyak 1 unit tergenang air dengan ketinggian air mencapai 25 sentimeter, rumah  ibadah (Mesjid) sebanyak 1 unit tergenang air dengan ketinggian air mencapai 20 sentimeter, jalan desa sepanjang 100 meter tergenang air dan Lumpur dengan ketinggian air mencapai 20 sentimeter, dan areal persawahan sebanyak 15 hektar tergenang air dengan ketinggian air mencapai 60 sentimeter,” ujar Mursalim.

 

Hingga pukul 23.11 Wita, sejumlah titik di permukiman warga masih tergenang  dan sebagian sudah surut.

 

“Air sudah mulai surut di beberapa titik dan sebagian masih menggenangi permukiman warga, sementara kondisi di lokasi aman dan hingga saat ini tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” tutur Mursalim.

Previous Post Next Post