Warga Buntu Tagari Temukan Mayat di Sungai Maiting, Diduga Jenazah Serda Amiruddin

Warga Buntu Tagari Temukan Mayat di Sungai Maiting, Diduga Jenazah Serda Amiruddin

 


TORAJA UTARA – Warga Tinampu, Lembang (Desa) Buntu Tagari, Kecamatan Denpina, Toraja Utara. Sulawesi Selatan, menemukan sosok  mayat mengapung di Sungai Maiting yang tersangkut di sebuah kayu di tengah sungai.


Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, mengatakan mayat tersebut ditemukan warga pada Minggu (8/1/2023) sore dan telah dievakuasi malam tadi oleh personel Polisi dan TNI serta warag.


“Mayat tersebut sudah dievakuasi malam tadi sekitar  pukul 19.00 WITA menuju ke RSUD Lakipadada Tana Toraja  dan tiba disana sekitar pukul 23.40 WITA, saat ini masih berada di rumah sakit,” kata Eko Suroso saat dikonfirmasi, Senin (9/1/2023).


“Mayat ditemukan pertama kali oleh warga yang sedang mencari rumput untuk pakan ternak dalam keadaan mengambang tersangkut di batang pohon di Sungai Ratte yang merupakan salah satu aliran dari sungai Maiting, saat ditemukan, mayat tersebut sudah dalam kondisi membusuk dan hancur dengan wajah yang tidak dapat terlihat jelas tanpa adanya identitas yang melekat ataupun berada disekitar mayat," ucap Eko Suroso.


Lanjut Eko Suroso, terkait dugaan adanya kemungkinan bahwa mayat tersebut adalah personel Kodim 1414/Tator Serda Amiruddin yang sdiduga hilang terseret arus Sungai Maiting beberapa waktu lalu belum bisa dipastikan.


“Kami belum bisa pastikan, harus menunggu hasil identifikasi oleh pihak yang ahli dalam bidangnya dan saat ini kami masih menunggu hasil dari identifikasi mayat tersebut,”ujar Eko Suroso.


Komandan Distrik Militer (Dandim) 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Monfi Ade Chandra juga belum memastikan jika mayat tersebut adalah Serda Amiruddin.


“Harus dipastikan dengan hasil tim dokter RS Bhayangkara, semoga mayat tersebut adalah serda Amiruddin), mohon doanya,” tutur Monfi Ade Chandra.


Sebelumnya diberitakan Serda Amiruddin, anggota TNI personel Kodim 1414 Tana Toraja sudah tiga hari hilang diduga hanyut terbawa arus Sungai Maiting.


Anggota TNI yang bertugas di Koramil 03 Rinding Allo, Toraja Utara, Sulawesi Selatan ini diduga tenggelam saat proses pencarian seorang warga yang sehari sebelumnya dinyatakan tenggelam.


Amiruddin bersama sejumlah warga berusaha mencari warga bernama Palungan, namun karena air Sungai Maiting yang deras, dia juga ikut terseret arus.


Komandan Kodim (Dandim) 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Monfi Ade Chandra mengatakan hingga kini personel TNI bernama Amiruddin tersebut belum ditemukan dan masih dalam pencarian Tim SAR gabungan.

 

“Diduga terseret arus saat mencari warga yang hanyut di sungai Maiting Toraja Utara, saat ini pencarian terhadap Amiruddin masih terus dilakukan, sedangkan jasad Palungan, seorang ibu yang hanyut terbawa air sungai pada Selasa (8/11/2022) lalu sudah ditemukan,” kata Monfi

Previous Post Next Post