Program Donasi JKN, RS Hikmah Masamba Bantu Masyarakat Sekitar




LUWU UTARA - Rumah Sakit Hikmah Masamba mendaftarkan sebanyak 489 masyarakat Kabupaten Luwu Utara sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Kelas III, yang dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) Program Donasi JKN.


Pemilik Rumah Sakit Hikmah Masamba, Riswan Idris menyampaikan bahwa donasi yang diberikan merupakan wujud partisipasi Rumah Sakit Hikmah Masamba untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan jaminan kesehatan.


“Donasi yang diberikan merupakan salah satu bentuk partisipasi dan kolaborasi pihak swasta dalam mewujudkan pembangunan kesehatan di Indonesia. Hal ini juga merupakan wujud kepedulian terhadap  masyarakat yang kurang mampu, agar mereka bisa mendapatkan jaminan kesehatan dan sekaligus membantu meringankan beban mereka,” ungkap Riswan.


Dirinya berharap dengan adanya donasi ini masyarakat sekitar yang kurang mampu dan tadinya tidak memiliki jaminan kesehatan, kini tidak ragu dan khawatir lagi untuk berobat ke pusat layanan kesehatan. Riswan juga berharap ke depannya donasi ini dapat terus ditingkatkan baik dari segi jumlah maupun pemanfaatannya.


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Harbu Hakim mengapresiasi keikutsertaan Rumah Sakit Hikmah Masamba dalam Program Donasi JKN. Dirinya menganggap hal ini merupakan wujud kolaborasi dalam menjaga keberlangsungan Program JKN.


“Program donasi ini merupakan wujud dari prinsip gotong royong yang diterapkan dalam penyelenggaraan Program JKN. Ini merupakan sebuah mekanisme pendanaan yang inovatif yang melibatkan individu, lembaga atau badan usaha untuk menghadirkan jaminan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu dan sekaligus membantu pemerintah dalam menyukseskan penyelenggaraan Program JKN,” ujar Harbu.


Harbu berharap ini dapat menjadi contoh dan penggerak bagi rumah sakit atau lembaga lainnya untuk dapat turut menyisihkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) nya ke dalam Program Donasi JKN.


Hingga saat ini tercatat sebanyak kurang lebih 1.629 jiwa masyarakat di Kabupaten Luwu Utara yang telah terdaftar ke dalam Program JKN melalui Program Donasi JKN. Adapun para donatur yang telah berpartisipasi tersebut diantaranya PT Hikmah Sejahtera Sejati, Klinik Mata Nur Aini, Klinik Utama Alif Medika, Rumah Sakit Hikmah Masamba dan Rumah Sakit Hikmah Sukamaju. (nf/va)

Previous Post Next Post