Pasca Ledakan Bom Bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Polres Luwu Berlakukan "One Way In - One Way Out"

Pasca Ledakan Bom Bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Polres Luwu Berlakukan "One Way In - One Way Out"

LUWU - Pengamanan di Polres Luwu, Sulawesi Selatan hingga ke jajarannya yakni Polsek-polsek ditingkatkan pasca ledakan bom bunuh diri di Polsek  Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.


Kapolres Luwu, AKBP Arisandi mengatakan pengamanan ditingkatkan tanpa memberikan rasa was-was pada warga. pengamanan mengikuti ketentuan yang ada.


“Pola penjagaan dengan one gate system (one way in - one way out) namun tidak mengurangi kualitas pelayanan terhadap masyarakat,” kata Arisandi saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Rabu (7/12/2022) siang.


Menurut Arisandi meskipun tidak ada kejadian pengeboman, pengamanan di Mapolres Luwu dan Polsek tetap dilakukan ecara ketat sesuai dengan prosedur. .


“Petugas kepolisian di pos penjagaan tetap memeriksa setiap orang yang masuk mapolres begitupun di mapolsek," ucap Arisandi.


Tak hanya di Mako Polres maupun Polsek, namun pengamanan juga dilakukan pada objek vital seperti rumah ibadah, pasar dan SPBU, Arisandi meminta kepada warga agar mewaspadai orang yang gerak-geriknya mencurigakan.


“Personil tetap berjaga  guna meningkatkan kewaspadaan terhadap lalu lintas orang,” ujar  Arisandi.


Sebelumnya diberitakan Sebuah ledakan terjadi di Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022) pukul 08.20 WIB. Kapolrestabes Bandung Aswin Sipayung menceritakan kronologi kejadian. Saat itu, sekitar pukul 08.20 WIB, anggota Polsek Astana Anyar sedang melaksanakan apel pagi. Tiba-tiba ada seseorang laki-laki masuk ke Mapolsek mengacungkan senjata tajam dan menerobos barisan apel pagi. Seketika, anggota pun menghindar.


"Lalu ada ledakan. Sekarang pelaku meninggal dunia di lobi. Tiga orang anggota kami mengalami luka-luka," ujar Aswin. Saat ini, ketiga polisi yang luka-luka dirawat di RS Sartika Asih, Bandung. Tempat kejadian perkara pun sudah dipasangi garis polisi. "Jalan raya ditutup. Saat ini (kami) sedang menunggu tim jibom dari Kapolda Jabar," ungkap Aswin.


Akibat ledakan tersebut, pintu gerbang dan lokasi apel pagi Polsek Astana Anyar hancur. Namun, tidak sampai ke dalam. Ia mengimbau warga untuk tidak menerobos garis polisi. Selain itu, Aswin meminta warga menaati peraturan lalu lintas. Sebab selama olah TKP, Jalan Astana Anyar ditutup. Hal ini berimbas pada pengalihan arus lalu lintas. 


Previous Post Next Post