Aksi Petugas Damkar Palopo Selamatkan Ponsel Warga Jatuh di Sumur

Aksi Petugas Damkar Palopo Selamatkan Ponsel Warga Jatuh di Sumur

 


LUWU  - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (8/12/2022) siang  berhasil selamatkan telepon seluler (Ponsel) milik warga yang jatuh ke dalam sumur di Desa Tana Rigella, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

 

Dengan berbekal tali dan tabung penyelam spear,   tim pertolongan dan penyelamatan berusaha menyelamatkan telepon seluler milik warga yang jatuh ke dalam sumur sedalam 10 meter.

 

Proses pengangkatan ponsel berjalan nyaris tanpa hambatan  petugas damkar langsung turun dan mendapatkan ponsel tersebut dalam kondisi utuh.

 

Pemilik Ponsel Nurjannah seorang mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Kota Palopo mengatakan bahwa ponselnya jatuh saat menyelamatkan anak kucing yang jatuh ke dalam sumur  namun tiba-tiba ponselnya ikut jatuh  sehingga ia memanggil petugas Damkar Kota Palopo.

 

“Ponsel tadi awalnya jatuh karena menyelamatkan kucing, saya bingung mau minta tolong sama siapa jadi saya coba ke petugas Damkar Kota Palopo, mereka datang dan berhasil mengambil kembali ponsel yang jatuh,” kata Nurjannah saat dikonfirmasi di lokasi, Kamis (08/12/2022).

 

Lanjut Nurjannah, ia berupaya mendapatkan kembali ponselnya karena di dalamnya terdapat data-data perkuliahan.

 

“Ponsel ini berharga banget buat saya, soalnya buat kuliah dan banyak data-data kuliah di dalam,” ucap Nurjannah.

 

Kepala seksi evakuasi dan penyelamatan Damkar Kota Palopo, Muh. Nur Tandi Wajang  mengatakan untuk pertama kalinya melakukan penyelamatan ponsel milik warga.

 

“Alhamdulillah tanpa membutuhkan waktu yang lama, didalam sumur debit airnya cukup dangkal dan dasarnya tidak berlumpur, sehingga tidak terlalu sulit untuk mendapatkan ponsel itu, kedalaman sumur diperkirakan 10 meter dari permukaan tanah, dan kedalaman air 2,5 meter.” ujar Tandi Wajang.

 

Menurut Tandi Wajang, jika selama ini pihak Damkar hanya melakukan pemadaman api saat kebakaran, namun pihaknya juga melakukan evakuasi dan pertolongan lainnya.

 

“Jadi kami Damkar itu tidak hanay pada kebakaran tetapi juga pada penyelamatan manusia, hewan, barang warga termasuk melepas cincin dari jari,” tutur Tandi Wajang.


Previous Post Next Post