Sempat Dinyatakan Hilang, Nelayan di Luwu Utara Ditemukan Tewas di Muara Tamuku, Basarnas Lakukan Evakuasi
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 

LUWU UTARA – Setelah sempat dinyatakan hilang, seorang nelayan bernama Ahmad Riadi (28), ditemukan tewas di perairan muara Tamuku, Desa Munte, Kecamatan Tana Lili, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jumat (02/9/2022).

Humas Pos SAR Basarnas Luwu Utara, Usman  mengatakan nelayan tersebut ditemukan setelah sehari  semalam dalam pencarian oleh Tim SAR gabungan Basarnas, BPBD Luwu Utara, TNI AL, Polri dan warga setempat.

“Ditemukan sekitar 1 mil dari lokasi awal kejadian, sekitar jam 08.30 WITA oleh warga yang membantu melakukan pencarian,” kata Usman saat dikonfirmasi, Jumat (02/9/2022).

Lanjut Usman setelah ditemukan, warga dan Basarnas bersama tim SAR lainnya mengerahkan perahu dan perahu karet untuk mengevakuasi korban.

“Korban dievakuasi ke rumah keluarganya di Desa Munte dan selanjutnya jenazah akan dibawa ke kampung halamannya di Kabupaten Pangkep untuk dimakamkan,” ucap Usman.

Menurut Usman, informasi dari pihak keluarga dan pemerintah setempat menyebutkan bahwa korban awalnya pergi ke muara Tamuku pasang pukat untuk mencari ikan sekitar pukul 17.15 Wita namun hingga Kamis (01/9/2022) pukul 19.21 Wita, korban belum kembali.

“Karena sudah malam dilakukan pencarian korban oleh warga bersama Tim SAR gabungan,  dan ditemukan perahunya dalam kondisi terbalik dan orangnya tidak ada. Korban dicari hingga tengah malam tapi tidak ditemukan dan korban dinyatakan hilang,”  ujar Usman. 

Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Djunaidi mengimbau warga, khususnya nelayan yang akan beraktifitas di wilayah perairan untuk mengutamakan keselamatan dirinya.

"Peristiwa ini kembali terjadi, karenanya kami berharap masyarakat bisa menjaga keselamatan dirinya dengan menyiapkan pelampung saat beraktifitas sehingga jika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan bisa mengurangi risiko fatalitas", harap Djunaidi.

Unsur yang  terlibat dalam operasi SAR ini yakni :
1.Basarnas pos unit siaga sar lutra
2.BPBD Luwu  Utara  10 orang
3.Pos TNI AL Munte 3 orang
4.Bhabinsa Koramil Bone-bone 1 orang
5.Bhabinkambtibmas Polsek Bone-bone 1 orang
6.DInas Sosial 10 orang
7.PMI Luwu Utara 5 orang
8.SAR Brimob  Bataliyon D Baebunta 15 Orang
9.Sar SOS Kabupaten Luwu Utara 5 Orang
10.ACT MRI 1 orang
11.SAR Sawerigading 3 orang
12.SAR Hardness  3 orang

Previous Post Next Post