Terima Massa Aksi, DPRD dan Disnaker Luwu Akan Menyurati Pihak Perusahaan
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu, Rusli Sunali dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan akan memediasi pertemuan Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Luwu untuk bertemu dengan pihak perusahaan yang ada di Kabupaten Luwu.

Dalam jangka waktu tiga hari kedepan atau pada Kamis, 12 Mei 2022 mendatang, akan menghadirkan kembali kedua belah pihak antara pihak perusahaan dan Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Luwu.

Rusli Sunali menyampaikan kepada Kepada Dinas Ketenagakerjaan untuk segera menyurati perusahaan terkait, usai menerima penyampai dari para peserta aksi di Aula Kantor DPRD Luwu, terkait tuntutan tuntutan yang mereka suarakan, yang pertama, untuk mengusut tuntas tentang kecelakaan kerja yang terjadi pada perusahaan yang ada di Kabupaten Luwu, kedua, Mendesak DPRD Luwu mengevaluasi perusahaan yang tidak memenuhi hak pekerja buruh dan ketiga, Mewujudkan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Dalam jangka waktu tiga hari kedepan kita akan berupaya untuk memediasi, Disnaker kita minta untuk segera menyurat ke pihak perusahaan terkait,” ujar Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali.

Dalam surat tersebut, Rusli Sunali akan menegaskan bahwa untuk menghadiri undangan yang akan disampaikan untuk menghadirkan Direktur, Persiden Perusahaan, dan atau Manager Perusahaan dan tidak untuk diwakili.

“Ini dilakukan sebagai bukti wujud dari DPRD merespon positif apa yang menjadi tuntutan masyarakat,” tegas ia menyampaikannya.

Selain melakukan persuratan, pihak perusahaan juga diminta untuk membawa dokumen-dokumen penting termasuk AMDAL dalam pertemuan nantinya, sesuai permintaan oleh peserta aksi.

Rusli Sunali juga menyampaikan akan menghadirkan pihak Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Selatan, sesuai dengan tuntutan masyarakat Kabupaten Luwu dalam hal ini Aliansi Mahasiswa da Pemuda Luwu untuk mencari solusi, sehingga perlu untuk dihadirkan secara bersama-sama.

“Dalam pertemuan nantinya akan difasilitasi oleh DPRD Komisi III dan semua Anggota DPRD Kabupaten Luwu insyaAllah juga akan hadir, minimal keterwakilan dari dapil masing-masing,” kata Rusli Sunali.



Previous Post Next Post