KPU Palopo : Data Pemilih Masih Fluktuatif, Bulan Mei Kembali Turun
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

PALOPO - Setelah sempat mengalami kenaikan jumlah pemilih dari bulan Maret ke April yakni dari 107.170 pemilih ke angka 107.349 jumlah daftar pemilih berkelanjutan (DPB) Kota Palopo periode Mei kembali mengalami penurunan ke angka 107.301 pemilih.

Hal itu terungkap saat Anggota KPU Kota Palopo Divisi Perencanaa, data dan Informasi (Rendatin), Efendi Samaila menyampaikan laporan pemutakhiran data pemilih dalam rapat pleno Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan (RDPB) di Media Center KPU Kota palopo, Kamis (02/06/2022).

"Terjadinya penurunan jumlah pemilih tersebut dominan dipengaruhi oleh lebih tingginya jumlah pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) dari pada jumlah potensi pemilih baru," kata Efendi Samaila.

Efendi Samaila merincikan sepanjang bulan Mei pihaknya hanya mencatat potensi pemilih baru sebanyak 18 orang sementara pemilih dengan kategori TMS karena meninggal dunia sebanyak 67 pemilih. 

"Makanya terjadi penurunan yg cukup signifikan. Sehingga posisi jumlah angka pemilih kita masih fluktuatif," ucap Efendi.

Data potensi pemilih baru yang berjumlah 18 orang tersebut terdiri dari 14 orang laki-laki dan 4 orang perempuan, sementara jumlah pemilih TMS 67 orang terdiri dari 38 pemilih laki-laki dan 29 pemilih perempuan. Sehingga total jumlah pemilih yang terdapat dalam Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Kota Palopo bulan Mei 2022 sebanyak 107.301 pemilih dengan rincian 52.242 pemilih laki-laki dan 55.059 pemilih perempuan.
Previous Post Next Post