INSPIRASI TIMUR INDONESIA


PALOPO
 – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas llA Kota Palopo Sulawesi Selatan, saat ini tidak mengizinkan warga binaan menerima kunjungan keluarga saat Hari Raya Idul Fitri. Bagi Keluarga yang akan bertemu dengan warga binaan saat lebaran disediakan fasilitas daring.

Kepala lapas Kota Palopo, Jhonny H Gultom juga mengatakan, kunjungan penerimaan barang bagi warga binaan dari keluarga binaan berlangsung secara daring.

“Biasanya kunjungan-kunjungan untuk warga binaan di Lapas bertatap muka langsung," kata Jhonny, Selasa (3/5/2022).

Namun untuk mencegah membludaknya jumlah kunjungan di momen lebaran ini dan masih di masa pandemi, pihak lapas Palopo memutuskan kunjungan dilakukan secara daring.

Dijelaskannya, hal ini juga bertujuan agar petugas lebih mudah dalam melakukan pengawasan dan pengontrolan.

"Bagi keluarga yang akan mengunjungi warga binaan, kami menyiapkan kunjungan secara online atau daring. Kami siapkan di depan yaitu komputer ataupun perangkat pendukungnya,” ungkap Jhonny.

Sementara itu, kata Jhonny, bagi pengunjung lanjut usia atau pengunjung yang tidak memiliki smartphone untuk melakukan video call, Jhonny mengatakan pihaknya juga akan membantu bertemu keluarganya secara daring.

“Bagi yang tidak punya android terutama lansia kami tetap arahkan," jelasnya.

Dia bersyukur, kunjungan bagi warga binaan Lapas Palopo yang dilakukan secara daring berlangsung lancar. Untuk membuat pengunjung nyaman, pihaknya juga menyiapkan fasilitas tambahan.

“Agar pengunjung tetap nyaman, kami sediakan tempat istirahat, tenda dan alur-alur penerimaan barang," ujar Jhonny.

"Tentunya ini kami lakukan karena masih dalam pandemi Covid-19 tentu pemerintah dan negara masih berjuang keras agar kembali pulih atau normal seperti sedia kala,” sambungnya.

Salah seorang pengunjung Minarni mengatakan meski tak bisa bertatap muka langsung dengan keluarganya, tetapi dia mengaku cukup puas dengan pelayanan yang diberikan Lapas Palopo.

“Saya kira bisa tatap muka langsung dengan keluarga tapi ternyata tidak bisa, hanya bisa secara daring. Namun, kami tetap bisa berbincang dengan menggunakan layar monitor, dan alhamdulillah disini pelayanan cukup memuaskan. Ada fasilitas tersedia seperti tempat istirahat dan minuman ringan, termasuk untuk menitip barang,” kata Minarni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Previous Post Next Post