INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU - Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan merilis data tingkat kemiskinan di daerah per Maret 2022, mencatat Ada 5 daerah yang dinyatakan sebagai wilayah dengan Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Sulawesi Selatan, termasuk salah satunya Kabupaten Luwu yang berada di peringkat ke 4 terbawa dengan persentase sebesar 12,52 persen.

"Kalau datanya memang kita berada di peringkat 4 terbawa," ucap Awwabin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Luwu, Jum'at (15/4/2022) malam.

Kendati demikian, Ia mengatakan bahwa hal tersebut terjadi lantaran angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Luwu yang terus meningkat pada tahun 2020 hingga 2021 yang lalu.

"Pada saat puncak-puncaknya Covid-19 pada Tahun 2020 sampai tahun 2021, terkena imbas juga disitu kita karena jumlah penduduk miskin meningkat karena ada juga itu program BLT," kata Awwabin.

Lebih lanjut Awwabin mengatakan, jika angka kemiskinan tersebut sudah mencapai 12 hingga 13 persen namun Agak lambat jika dibandingkan dengan daerah lain.

"Tapi kalau untuk penurunan angka Kemiskinan,  kita sudah sampai 12 hingga 13 persen, cuma agak lambat angka penurunannya kita dibandingkan daerah lain," ucap Awwabin. 

Upaya demi upaya pun dilakukan demi memperbaiki angka kemiskinan dengan memberikan bantuan Subsidi, alat pertanian hingga Fasilitas Kesehatan.

"Upaya-upayanya sudah kita lakukan, termasuk pemulihan Ekonomi Nasional, bantuan Subsidi, bantuan alat pertanian dan juga dibidang Kesehatan seperti alat medis," jelas Awwabin.

Diketahui, beberapa Kabupaten lain dengan tingkat kemiskinan tertinggi yakni, Jeneponto 14,28 persen di peringkat pertama, kemudian Pangkep 14,28 persen di posisi kedua, posisi ketiga Luwu Utara dengan presentase 13,59 persen, sedangkan luwu sendiri berada di peringkat ke empat dengan persentase mencapai 12,52 persen disusul oleh Enrekang dengan 12,47 persen, Sedangkan Kemiskinan terendah berada di Kota Makassar sebesar 4,82 persen. (Arzad).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Previous Post Next Post