INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU
- Tempat Pengelolaan Sampah Reduse, Reuse, Recycle (TPS3R) Cimpu Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, menjalankan program pengelolaan sampah berbasis tepat guna.

Program yang menggandeng Bank Sampah Induk Insan Mulia Luwu tersebut dapat menjadi pilar dalam pengelolaan sampah di TPS3R Cimpu Utara.

Erham Lanco selaku pengurus TPS3R Cimpu Utara  mengatakan, keberadaan TPS3R sebagai tempat pengelolaan sampah yang mengelola sampah dari warga masyarakat diharapkan kedepan dengan fungsinya lingkungan masyarakat khususnya lingkungan di Cimpu Utara dapat mengelola sampah khususnya sampah plastik.

"Kami sangat mendukung program pengelolaan sampah tepat guna sehingga keberadaan TPS3R Cimpu Utara ini menjadi solusi untuk menangani sampah masyarakat, tak ada lagi sampah yang berserakan," kata Erham, Rabu (6/4/2022) kemarin.

Erham menyebut, keberadaan TPS3R Cimpu Utara selain menjadikan lingkungan bersih juga diharapkan menunjang pendapatan tambahan masyarakat.

"Kami juga berharap TPS3R Cimpu Utara nantinya menjadi pusat sirkular ekonomi masyarakat dalam pengelolaan sampah sehingga menambah pendapatan tambahan masyarakat yang terlibat nantinya," harap Erham.

Senada hal itu, Askar, salah seorang pengurus TPS3R juga berharap agar TPS3R Cimpu Utara kedepannya mampu memberdayakan masyarakat melalui pengelolaan sampah.

"Kami pengurus TPS3R Cimpu Utara akan bekerja keras dalam pengembangan pengelolaan sampah yang mampu memberdayakan masyarakat, untuk itu kami berharap pula dukungan penuh warga Cimpu Utara," ujar Askar.

Sementara itu, Direktur Bank Sampah Induk Insan Mulia Luwu, Haidir Arifin, mengatakan bahwa BSI Insan Mulia sangat mendukung dan membuka kemitraan kepada siapapun dalam pengelolaan sampah.

"Kami sangat senang dengan semakin banyaknya masyarakat yang peduli dengan pentingnya pengelolaan sampah, BSI Insan Mulia siap bermitra dengan siapapun dalam melakukan pengelolaan sampah di Luwu," terang Haidir, yang juga Kordinator Perkumpulan Pengelola dan Bank Sampah Nusantara Wilayah Sulawesi Selatan. (*/Evi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Previous Post Next Post