PUPR Luwu Rakord Penyelesaian Segmen Tapal Batas Wilayah
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU - Guna memastikan posisi kordinat lokasi Patok Batas Utama (PABU) antara wilayah Kabupaten Luwu, Kota Palopo dan Kabupaten Toraja Utara, tim Penyelesaian Batas Daerah (PBD) Kemendagri menggelar Rapat Koordinasi Pembahasan dalam rangka verifikasi lapangan.

Rapat yang digelar di Ruang Rapat Wali Kota Palopo, Rabu (23/02/2022), dihadiri seluruh stakeholder terkait dari tiga wilayah.

Selain dari tim PBD Pusat, turut hadir tim dari Provinsi Sulawesi Selatan dan Topdam XIV/Hasanuddin.

Secara umum, substansi dari hasil pertemuan tersebut adalah memastikan posisi kordinat tapal batas dari ketiga wilayah yang berbatasan dalam rangka pemanfaatan ruang agar dalam pengembangan wilayah senantiasa selaras dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) masing-masing.

Kadis PUPR Luwu, Ir.Ikhsan Asaad, ST, MT ( Daffa Ikhsan ) mengatakan pertemuan yang difasilitasi tim kemendagri ini pada prinsipnya untuk lebih memperjelas tapal batas wilayah di beberapa titik yang masih diklaim masing-masing daerah yang berbatasan.

"Meski tapal batas ini domainnya di bagian pemerintahan, namun keterkaitannya dengan Dinas PUPR adalah pemanfaatan ruang pada daerah tapal batas tersebut," ungkap kabid Irfan.

Selain itu, lanjut Irfan, penyesuaian dengan rencana tata ruang masing-masing wilayah khususnya terkait struktur ruang, pola ruang dan kawasan strategis lainnya.

Previous Post Next Post