Dua Calon Pilkades di Desa Buntu Kamiri, Kabupaten Luwu Nilai Ada Penyimpangan Pemungutan Suara

LUWU - Dua Calon Kepala Desa Buntu Kamiri, Kabupaten Luwu, mengaku keberatan dengan hasil pemungutan suara yang digelar pada Kamis (24/3/2022).

Kedua kubuh itu adalah kubuh dari nomor urut 1 Husain Mahmud dan Kubuh nomor urut 3, Kasruddin. Kedua kubuh tersebut menduga ada kejanggalan yang terjadi.

Husain dan Kasruddin, mengatakan mereka ingin mengajukan sanggahan kepada Panitia Pilkades Tingkat Desa, mereka menduga ada kejanggalan yang terjadi dari jumlah kertas suara yang ada.

"Kami calon Nomor Urut 1 dan 3 menyatakan keberatan dan tidak menerima hasil perhitungan suara karena kami menduga telah terjadi penyimpangan proses pemungutan suara di TPS 1," kata Husain dan Kasruddin saat dikonfirmasi.

"Jumlah kertas suara sesuai DPT sebanyak 500 lembar, ditambah 3% untuk pemilih tambahan, sehingga total 515 kertas suara," tambahnya.

Selain itu, mereka menyebutkan jumlah sisa surat suara yang dihitung setelah penutupan sebanyak 103 lembar.

Mereka merinci jumlah suara tercoblos sesuai hasil perhitungan sebanyak 461 kertas suara dengan rincian perolehan sebagai berikut:

- Nomor Urut 1 = 136

- Nomor Urut 2 = 198

- Nomor Urut 3 = 122

- Suara Batal     = 5

Jika jumlah kertas suara tercoblos ditambahkan jumlah sisa kertas suara maka totalnya menjadi 564 kertas suara.

Sesuai dengan perhitungan tersebut terdapat selisih antara total kertas suara dengan perolehan suara ditambahkan sisa kertas suara sebanyak 49 lembar.

Sehubungan dengan fakta-fakta tersebut di atas, merekapun meminta kepada DPMD untuk segera menyelesaikan sanggahan mereka sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hari ini kedua kubuh itu akan melayangkan surat gugatannya ke DPMD atau Panitia Pemilihan Desa.

"Hari ini jug kami akan layangkan gugatan kami ke DPMD selaku Panitia pemilihan Desa serentak Kabupaten Luwu," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Previous Post Next Post