Rakor Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Luwu, Hayarna: Kita Evaluasi Penyelenggaraan 5 Pilar STBM
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 

LUWU - Forum Kabupaten Kota Sehat (KKS) Kabupaten Luwu melakukan Rapat Forum Koordinasi Kecamatan Sehat, Pokja Desa Sehat, Kepala Puskesmas, Pokja Kesehatan Lingkungan, Pokja Promosi Kesehatan, serta Pokja KIA dan Gizi se-Kabupaten Luwu di Aula Rujab Bupati, Desa Pammanu, Kecamatan Belopa Utara (23/02/2022).

Diawali dengan arahan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu selaku leading sektor pelaksanaan Kabupaten Sehat, dr. Rosanawary Basir menyampaikan bahwa rapat tersebut dalam rangka membahas program kerja Forum Kabupaten Kota Sehat sebagai upaya dalam penyelenggaraan kabupaten sehat. 

“Untuk itu kita akan segera mengevaluasi penyelengaraan 5 (Lima) Pilar STBM di setiap kecamatan guna melihat sejauh mana progress yang telah dicapai dan mengetahui langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan kinerja dalam mewujudkan Kabupaten Sehat,” ungkapnya.

Dalam arahan sekaligus membuka kegiatan ini, Ketua Forum KKS Kabupaten Luwu, Dr. Hj. Hayarna Hakim mengungkapkan bahwa sejalan dengan penyampaian Kepala Dinas Kesehatan, pentingnya evaluasi dalam penegakan 5 (Lima) pilar STBM ini berkaitan dengan upaya mempertahankan status Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara yang telah diperoleh tahun lalu.

“Dalam pertemuan hari ketiga ini, fokus pada wilayah tiga, saya ingatkan kembali bahwa keberhasilan kerja tim akan terlihat dari program kerja yang terlaksana dengan baik, terukur dan akuntabel. Kita harus memiliki persepsi yang sama sehingga target yang ingin kita capai dapat terwujud,” ucap Hayarna.

Sekretaris Forum KKS Kabupaten Luwu, Hj. Muliati Aras menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini sudah berlangsung sejak hari Senin, 21 Februari lalu. “Rapat kali ini dilaksanakan dengan menggilir kecamatan menjadi 5 (lima) wilayah agar lebih intens dan mampu menangkap semua informasi secara utuh demi tercapainya kabupaten sehat seperti yang kita harapkan,” ungkapnya.

Rapat koordinasi ini masih akan berlangsung sampai hari Jum’at mendatang. Adapun pembagian 5 (Lima) wilayahnya adalah  wilayah 1 mencakup Kecamatan Larompong Selatan, Larompong, Suli dan Suli Barat; wilayah 2, Kecamatan Belopa, Belopa Utara, Bajo dan Bajo Barat; wilayah 3, Kecamatan Kamanre, Ponrang Selatan, Bua Porang dan Ponrang; wilayah 4, Kecamatan Bastem, Bastem Utara dan Latimojong; serta wilayah 5 yaitu Kecamatan Lamasi, Lamasi Timur, Walenrang, Walenrang Timur, Walenrang Barat dan Walenrang Utara.

“Oleh karena itu saya selaku Ketua Forum KKS Kabupaten Luwu mengharapkan kerjasama dan sinergitas yang baik dari seluruh Kecamatan, Puskesmas dan Desa serta para pengurus dalam mewujudkan Kabupaten sehat ini. Hal-hal yang diluar jangkauan kita, akan menjadi catatan dan kami laporkan ke dewan pembina untuk mendapat perhatian dan tindakan lebih lanjut oleh Pemerintah Kabupaten dalam hal ini para Kepala OPD teknis,” tutup Hayarna.

Previous Post Next Post