Puting Beliung Rusak 45 Rumah Warga di Luwu
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 

LUWU – Angin puting beliung terjang 3 desa di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Sabtu  (08/01/2022).

Ketiga desa tersebut masing-masing, Desa Raja, Desa Lengkong dan Desa Karang-karangan.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu, Hasral mengatakan akibat angin puting beliung terdapat 45 unit rumah warga rusak.

“Kejadiannya sekitar pukul  16. 00 Wita, menerjang 3 desa dan 45 unit rumah warga rusak dengan rincian masing-masing desa yakni Desa Raja 20 unit rumah, Desa Lengkong  21 unit rumah dan Desa Karang-karangan 4 unit rumah,”kata Hasral.

Lanjut Hasral, untuk rumah warga yang rusak parah  atau rusak berat dari  masing-masing desa yaitu Desa Raja 10 unit rumah, Desa Lengkong  4 unit rumah, dan Desa Karang-karangan 2 unit rumah.

“Warga yang rumahnya rusak parah kini mengungsi di rumah keluarga dan malam ini kami akan mendirikan tenda darurat untuk membantu warga yang mengungsi, kondisi di lokasi saat ini terjadi pemadaman lampu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” ucap Hasral.

Lanjut Hasral, selain rumah warga rusak diterjang puting beliung, sejumlah pohon tumbang juga terjadi di sepanjang jalan trans sulawesi yang mengakibatkan kemacetan.

“Sejumlah pohon tumbang di jalan trans sulawesi Desa Karang-karangan dan Desa Lengkong, proses pemindahan material berlangsung hingga pukul 21. 00 Wita yang dibantu oleh warga setempat,” ujar hasral.

Kepala Desa Raja, Tawakal mengatakan pasca kejadian warganya langsung bergotong royong membenahi rumah yang rusak dan mengungsikan warganya yang terdampak ke rumah kerabat maupun keluarga.

“Kami ungsikan warga ke rumah keluarga mengingat sudah malam dan peralatan bantuan seperti tenda atau terval dan bahan makanan masih dalam perjalanan dibawa oleh BPBD dan Tagana,” tutur Tawakal. 

 

Previous Post Next Post