Melalui Kelas Motivasi, PT Vale Beri Inspirasi Bagi Pelajar SMA/SMK di Bungku Timur
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 

MOROWALI - PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) berbagi inspirasi profesi dengan para pelajar SMA/SMK dalam Kelas Motivasi yang berlangsung di Aula SMKN 1 Bungku Timur, Desa Kolono, Kecamatan Bungku Timur, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, pada 22 Januari 2022. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Vale di wilayah pemberdayaan, khususnya dalam bidang pendidikan.

Kelas Motivasi diselenggarakan oleh Karang Taruna (KT) Mateantina untuk memperingati hari jadinya yang ke-5, dengan mengusung tema “Memotivasi lewat Profesi, Menuju Masa Depan Gemilang”. Sebanyak 50 pelajar dari SMKN 1 Bungku Timur dan SMA Al-Khairaat Kolono berpartisipasi sebagai peserta.

Yung Fajar Riyadi dari Tim Health, Safety & Environment (HSE) PT Vale hadir menjadi pembicara. Ia memaparkan mengenai pentingnya pelajar mengasah kompetensi sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja. Kompetensi tersebut terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Manager External Relations PT Vale Indonesia Blok Bahodopi, Asriani Amiruddin menuturkan, PT Vale mendukung pelaksanaan Kelas Motivasi sebagai upaya memberikan inspirasi dan memperkenalkan profesi kepada pelajar SMA/SMK.

“Dari belajar dan mencontoh hal-hal positif yang dilakukan oleh orang sukses, semoga para peserta memperoleh kebaikan untuk masa depannya. Kami juga memohon doa dan dukungan dari masyarakat Desa Kolono agar proses persiapan investasi PT Vale di Kecamatan Bungku Timur dan Kecamatan Bahodopi berjalan lancar, sehingga sinergi program ke depan semakin beragam,” ucap Asriani.

Kepala Desa Kolono, Nulfa'i mengapresiasi kelas motivasi yang diselenggarakan PT Vale Indonesia Tbk. Menurutnya, Kelas Motivasi dapat membantu peningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). “Kualitas SDM di daerah kami boleh dibilang masih perlu banyak pembenahan. Karena itu, kami mengapresiasi dukungan dan partisipasi PT Vale dalam kegiatan seperti Kelas Motivasi ini, yang dapat menginspirasi generasi muda untuk mengasah potensinya,” ujar Nulfa’i.

Selain Kelas Motivasi, PT Vale juga mendukung pelaksanaan Dialog Kepemudaan yang diadakan oleh KT Mateantina pada hari yang sama. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa (IPPM) Bungku Timur di Kota Palu, yang mengetengahkan tema “Peran Pemuda dan Pelajar dalam Pembangunan Desa” dan diikuti sekitar 30 orang.

Dua pemuda Desa Kolono yang menempuh pendidikan tinggi berperan sebagai narasumber, yakni Abdul Kasim, akademisi di Universitas Tadulako dan Aksan, mahasiswa S2 di Universitas Gadjah Mada.

Ketua KT Mateantina, Mohammad Khalil mengungkapkan, dua kegiatan yang baru perdana digelar di desanya tersebut dapat memotivasi generasi muda di Desa Kolono untuk berperan aktif dalam membangun daerah.

“Terima Kasih atas dukungan PT Vale terhadap pelaksanaan Kelas Motivasi dan Dialog Kepemudaan. Semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin kami yang berlangsung setiap tahun, sehingga dapat membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas SDM di kalangan pelajar dan mahasiswa,” ujar Khalil.

Previous Post Next Post