Laksanakan Gaktiblin, Wakapolres Palopo Periksa Sikap Tampang dan Kelengkapan Seluruh Personel


PALOPO
  -  Dalam rangka pengawasan personel, Kepolisian Resor (Polres) Palopo Sulawesi Selatan, rutin melaksanakan kegiatan Penegakan, Ketertiban dan Disiplin (Gaktiblin) meliputi pemeriksaan sikap tampang maupun surat-surat kendaraan bermotor bagi personel.

Kegiatan Gaktiblin tersebut dipimpin Wakapolres Palopo Kompol Sanodding SH, didampingi oleh Kasi Propam Polres Palopo AKP Idris SH, usai pelaksanaan apel jam pimpinan pagi, Senin (24/1/2022).

Dalam pemeriksaan ini, bagi personel yang penampilan dan sikap tampangnya tidak sesuai ketentuan, Kasi Propam memberikan sanksi tegas, teguran langsung dan memperingatkan untuk tidak kembali mengulangi hal serupa.

Kegiatan Gaktiblin tersebut meliputi pemeriksaan sikap tampang dan kelengkapan pribadi anggota termasuk identitas. Pemeriksaan meliputi kerapian penampilan anggota mulai rambut, jenggot, seragam, dan sepatu serta masker wajib dipakai. Sedangkan pemeriksaan identitas meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Anggota (KTA) dan juga surat-surat kendaraan.


Wakapolres Palopo Kompol Sanodding mengatakan pemeriksaan kedisiplinan personel Polres Palopo sangat penting agar lebih maksimal performance saat melaksanakan tugas melayani masyarakat. Polisi harus rapi dan menjadi contoh yang baik, juga harus berpakaian sesuai dengan aturan yang berlaku termasuk wajib menggunakan masker.

"Dengan Gaktiblin, personel diharapkan sadar dan ingat akan ketentuan yang harus ditaati dalam kedinasan maupun dalam kehidupan sosial bermasyarakat," jelas Wakapolres.

Senada, Kasi Propam Polres palopo AKP Idris menambahkan, Gaktiblin juga dilakukan diluar jam dinas, sasarannya tempat yang dianggap terlarang agar personel tidak terlibat pelanggaraan yang dapat mencemarkan nama baik dan citra Polri di masyarakat.

"Melalui Gaktiblin, diharapkan dapat menumbuhkan sikap disiplin dalam diri personel guna mendukung tugas pokok dan terhindar dari pelanggaran kode etik dan profesi,"  tegasnya. (Evi)

Previous Post Next Post