Ciptakan Situasi Kamtibmas Kondusif, Personel Polres Palopo Dilatih Pengendalian Massa
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 


PALOPO – Personel Polres Palopo dan jajaran melaksanakan kesiap siagaan Peleton Pengendalian Massa (Dalmas) dilanjutkan dengan latihan penindakan huru hara, dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Palopo.

Sebelum menggelar latihan Dalmas dilaksanakan terlebih dahulu Apel Kesiapsiagaan, dan giat itu dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Hajeri, didampingi Kasat samapta AKP Sadsali Kareba, dan para Perwira yang menjadi pelatih. Senin (24/01/2022).

Program ini rutin dilaksanakan oleh Sat Samapta Polres Palopo dengan memberikan pelatihan kepada anggota yang mana bila menghadapi unjuk rasa, anggota Dalmas sebagai pengendali massa yang bergerak dalam ikatan kesatuan untuk mencegah massa masuk suatu lokasi.

Kabag Ops Polres Palopo Kompol Hajeri, mengatakan kegiatan latihan Dalmas tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan skill Anggota Sat Samapta.

"Personel Polres Palopo dilatih terkait dengan penanganan kegiatan aksi unjuk rasa yang terjadi di wilayah hukum Polres palopo dan juga persiapan memback up pengamanan yang ada jika diperlukan," kata Kompol Hajeri.

Sementara Kasat Samapta Polres Palopo, AKP Sadsali Kareba menyampaikan bahwa maksud diberikanya latihan ini untuk mengingatkan kembali ilmu yang telah didapat selama pendidikan.

" Semua anggota Samapta Polres Palopo dan jajaran yang bertugas di lapangan selalu siap dan mampu menghapi semua tantangan dalam bentuk ikatan kesatuan," ucap Sadsali Kareba.

“Kegiatan ini harus kita rutinkan sebagai persiapan apabila kedepan terjadi unjuk rasa yang mana eskalasinya dapat saja meningkat menjadi anarkis massa, maka kita telah siap dengan segala kemungkinan, untuk itu saya tekankan kepada rekan rekan Samapta untuk serius dalam melaksanakan pelatihan ini," lanjut Sadsali.

Ditambahkan pula dari Kapolres Palopo AKBP H. Muh. Yusuf Usman SH., SIK., MT bahwa, selain harus memiliki kemampuan teknik pengendalian massa, para personil satuan Samapta juga wajib memiliki pengetahuan tahapan penggunaan kekuatan kepolisian dalam menangani aksi massa.

"Sehingga diharapkan dalam pelaksanaan tugas di lapangan, para personil dapat mengaplikasikan teori dan praktek penanganan unjuk rasa dengan tegas dan terukur,” ujar Yusuf Usman.

“Sudah menjadi tugas utama kita untuk memelihara kamtibmas dan menegakan hukum termasuk nantinya melaksanakan pengamanan aksi massa dan saya berpesan kepada rekan – rekan Samapta untuk selalu semangat dalam pelaksanaan tugas, serta selalu niatkan langkah kita dalam bertugas sebagai amal ibadah,” tambah Yusuf. (Evi).
Previous Post Next Post