Grand Prize 1 Unit Mobil Gebyar Vaksin Diraih Warga Torut, Kapolri Apresiasi Program Inovasi Pemprov Sulsel
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


MAKASSAR
– Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan pengundian grand prize satu unit mobil Gebyar Vaksin yang dilaksanakan di Celebes Convention Center (CCC) Makassar, pada Jumat (31/12/2021) kemarin.

Ia mengapresiasi program inovasi Pemprov Sulsel yang juga memberikan hadiah 30 motor dan 300 sepeda serta 300 handphone yang dinilainya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Hari ini kita lihat antusias masyarakat, ini mendapatkan apresiasi berupa door prize yang diberikan. Dan ini tentu kita harapkan semakin meningkatkan semangat masyarakat yang belum vaksin,” katanya.

Ia juga mengapresiasi capain vaksinasi Sulsel yang telah mencapai 70 persen sesuai target dari Presiden Joko Widodo.

“Kami mengapresiasi Sulsel tembus dari target yang diberikan oleh pemerintah sudah tembus 70 persen. Oleh karena itu, saya mengucapkan selamat kepada seluruh stakeholder terkait, Forkopimda Sulsel yang telah bekerja keras, bersatu dan bersinergi sehingga pencapaian target 70 persen bisa tercapai,” sebutnya.

Vaksinasi, lanjutnya, sebagai bentuk upaya dalam menghadapi Covid-19, termasuk varian Omicron yang sudah masuk di Indonesia. Selain itu, dengan adanya Omicron dan saat ini berada di akhir tahun, Kapolri menekankan agar tidak terjadi kerumunan, serta menjaga agar di awal tahun 2022 Covid-19 dapat terkendali.

“Imbauan kepada masyarakat untuk akhir tahun ini. Perayaan-perayaan yang biasa dilaksanakan kita hindari dulu. Lebih baik berkumpul bersama keluarga di rumah, tidak usah berkumpul di luar karena resisten terhadap terjadinya transmisi,” sebutnya.

Pengendalian laju Covid-19 penting, karena berdampak terhadap segala macam aktivitas, termasuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Sulsel dapat mencapai 70 persen target vaksinasi dua hari sebelum berakhirnya tahun 2021. Dicapai pada Kamis kemarin, 30 Desember 2021, pukul 07.10 Wita.

Menurut Andi Sudirman, capaian vaksinasi untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok ini, karena kerja keras semua pihak, baik itu tenaga kesehatan dan TNI-Polri, bupati/wali kota yang menggenjot vaksinasi.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada Bapak Kapolda, Kapolres, seluruh jajaran hingga Babinkamtibmas. Demikian juga dengan Bapak Pangdam, Danrem, Dandim beserta seluruh jajaran. Serta Bapak Kajati Sulsel dan Kajari beserta seluruh jajaran,” ucapnya.

“Terkhusus terima kasih kepada nakes kita, yakni dokter, perawat dan bidan. Baik itu dari instansi pemerintah dan swasta serta PTN/PTS,” imbuhnya.

Peran dan dukungan dari partai politik maupun organisasi masyarakat, lanjutnya, juga sangat membantu dalam percepatan vaksinasi Covid-19. Keberhasilan ini tidak lepas dari partisipasi masyarakat.


Sebelumnya, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi kehadiran Kapolri yang mendukung capaian vaksinasi di Sulsel dan hadir melakukan pengundian langsung.

“Alhamdulillah, kehadiran Bapak Kapolri di Sulsel menjadi penyemangat kami untuk terus berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi,” ujarnya.

Hadiah utama diraih oleh masyarakat dari Kabupaten Toraja Utara, atas nama Amos Mili. “Beliau melakukan pengundian langsung untuk hadiah utama satu unit mobil dan warga Toraja Utara keluar sebagai penerima hadiah atas nama Amos Mili,” jelas Andi Sudirman.

Adapun nama pemenang lain untuk undian 30 motor, 300 sepeda dan 300 smartphone dapat dilihat di media cetak pada 2 Januari 2022 atau di alamat website undianvaksin.sulselprov.go.id dan Instagram @Sulselprov.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Arman Bausat, menjelaskan, pengundian yang dilakukan oleh Kapolri dan Plt Gubernur adalah bagi masyarakat yang melakukan vaksinasi pada periode 16-30 Desember 2021. Sedangkan bagi yang melakukan vaksinasi 31 Desember akan dilakukan pengundian pada 2 Januari 2022.

“Pengundian juga dihadiri saksi-saksi dari dinas sosial dan notaris. Karena dalam pengundian hadiah harus ada saksi-saksi yang dihadirkan,” paparnya.

“Hadiah masih ada kita sediakan untuk pengundian pada tanggal 2 Januari 2022, ini khusus mereka yang melakukan vaksinasi pada 31 Desember,” jelasnya.

Hal ini karena proses vaksinasi masih dilakukan dan proses penginputan data. Hadiah yang disediakan berupa motor satu unit, sepeda lima unit, handphone lima unit.

“Harapannya tujuan kita lakukan bagi-bagi hadiah, agar masyarakat dalam dua minggu terakhir di tahun 2021 berbondong-bondong melakukan vaksinasi. Target kita untuk 70 persen sudah dicapai pada 30 Desember 2021,” pungkasnya. (*)

Previous Post Next Post