Tinjau Abrasi di Takalar, Plt Gubernur Sulsel; Dibutuhkan Penanganan Darurat

 
TAKALAR - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meninjau lokasi abrasi pantai akibat dari terjangan ombak di Desa Bontokanang, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, Selasa (7/12/2021).

Setibanya di lokasi, masyarakat pun menyambut dengan gembira hadirnya Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, yang didampingi Bupati Takalar, Syamsari Kitta dan Wakil Bupati Takalar, Ahmad Dg. Se're. Warga pun mengeluhkan kondisi daerahnya yang mengalami abrasi, hingga beberapa warga memilih untuk mengungsi.

Andi Sudirman menyampaikan kepada masyarakat, bahwa Pemerintah Provinsi Sulsel akan berupaya menangani abrasi, sehingga tidak ada lagi rumah yang hanyut terbawa ombak akibat abrasi.

"Sudah 57 KK yang mengungsi dari semua titik-titik abrasi di Takalar. Dari semua total panjang yang terjadi abrasi sekitar 400-500, dengan tiga atau empat titik abrasi," ungkapnya.

Menurutnya, kondisi ini sangat memprihatikan. Sehingga dibutuhkan penanganan oleh pemerintah agar tidak lagi terjadi abrasi.

"Ini sudah memprihatinkan. Artinya dibutuhkan penanganan darurat. Insya Allah tahun depan bisa dilakukan melalui bantuan keuangan Provinsi dan bisa dikerjakan oleh Pemkab Takalar dengan kerjasama semua stakeholder Forkopimda dan perguruan tinggi," jelasnya.

Usai meninjau lokasi abrasi, Andi Sudirman menyerahkan bantuan Dinas Sosial Sulsel kepada warga Desa Bontokanang senilai Rp 32 juta. Adapun bantuan berupa tenda gulung, makanan anak, family kit, matras, dan kids ware. (*)

Previous Post Next Post