Pemda Luwu Utara dan PIP Kemenkeu Teken MoU Program Pengembangan Usaha Mikro bagi UMKM
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


JAKARTA
— Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara dan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman Nomor 04/MOU/IP/2021 tentang Program Pengembangan Usaha Mikro, di Ruang Rapat Kantor PIP, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, pada Selasa (28/12/2021) kemarin.

Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dan Direktur Utama PIP Ririn Kadariyah. Penandatanganan ini juga disaksikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Luwu Utara Baharuddin Nurdin, dan Kepala Dinas P2KUKM Luwu Utara, Muhammad Kasrum, dan beberapa dari Kemenkeu.

Nota kesepahaman dibuat sebagai dasar kedua belah pihak dalam pengembangan Usaha Mikro dan Pembinaan UMKM, sekaligus dalam rangka Perluasan Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) di Kabupaten Luwu Utara. Nota kesepahaman ini berlaku selama tiga tahun sejak ditandatangani dan dapat diperpanjang dengan persetujuan kedua pihak.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PIP dan Pemda Lutra tentang Kerja Sama Program Dalam Rangka Pengembangan Usaha Mikro melalui Pembiayaan Ultra Mikro Nomor: 21/PKS.XII/PIP/2021 dan Nomor: 137/68/PEM/SETDA/2021. Penandatanganan dilakukan Kepala Dinas P2KUKM Luwu Utara Muhammad Kasrum dan Direktur Kerja Sama Pendanaan dan Pembiayaan Muhammad Yusuf.

Adapun ruang lingkup perjanjian kerja sama ini adalah pertukaran data Penerima Manfaat Program Pemda dan data Debitur di Daerah, serta penyaluran pembiayaan UMi di Daerah, serta pelaksanaan program pelatihan kepada Penerima Manfaat Program Pemda dan Debitur di Daerah.

Bupati Indah Putri Indriani menyebutkan, Pemda siap membangun kerjasama dengan PIP dalam pengembangan UMKM. “Ini program pemerintah yang menyediakan fasilitas pembiayaan bagi UMKM,” jelas Indah.

Ia berharap, dengan MoU ini, UMKM terdampak pandemi dan bencana banjir bandang, bisa terbantukan untuk mengembangkan usahanya.

Sementara Direktur PIP, Ririn Kadariyah, mengapresiasi Bupati Luwu Utara atas komitmennya terhadap pengembangan UMKM di Kabupaten Luwu Utara. “Kami mengapresiasi semangat dan komitmen ibu Bupati dalam mengembangkan UMKM,” kata Ririn. (LH)


Previous Post Next Post