Gempa 7,4 Magnitudo Guncang Maluku Barat Daya, Tidak Berpotensi Tsunami
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


JAKARTA
- Gempa bumi dengan kekuatan tinggi 7,4 magnitudo mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, dan sekitarnya, Kamis (30/12/2021) dini hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya dipantau pada Kamis dini hari menginformasikan gempa tersebut terjadi pada pukul 01.25 WIB.

"#Gempa Mag:7.4, 30-Des-21 01:25:52 WIB, Lok:7.76 LS,127.66 BT (45 km BaratLaut MALUKUBRTDAYA)," demikian dikutip dari akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kamis (30/12/2021).

Meskipun magnitudo gempa cukup besar, namun BMKG meminta masyarakat tidak perlu panik karena gempa tersebut tidak memicu gelombang tsunami. "Kedlmn:210 Km, tdk berpotensi tsunami," kicau BMKG.

Berdasarkan situs BMKG, getaran gempa dirasakan sampai Tiakur dalam skala V—VI Modified Mercalli Intensity (MMI), Tepa dalam skala IV—V MMI, Saumlaki dalam skala IV MMI, Tual dalam skala III MMI, Raja Ampat dalam skala II MMI, Kota Sorong dalam skala II MMI, Darwin Australia dalam skala III—IV MMI, Waingapu dalam skala III—IV MMI, Rote dalam skala III MMI, dan Sabu dalam skala II MMI.

Dijelaskan BMKG, skala I: Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang; skala II: Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang; skala III: Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sedangkan, skala IV: Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi; dan skala V: Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

BMKG kembali menginformasikan terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 5,2 di Maluku Barat Daya pada hari Kamis pukul 02.21 WIB.

Lokasi gempa berada di 7,81 Lintang Selatan—127,69 Bujur Timur dengan kedalaman 167 kilometer dan pusat gempa berada di 39 kilometer Barat Laut Maluku Barat Daya.

Hingga berita ini ditayangkan, belum diketahui ada tidaknya laporan terjadinya kerusakan atau korban yang timbul akibat gempa tersebut.


Previous Post Next Post