Sungai Rongkong Meluap, 4 Desa di Luwu Utara Mulai Terendam Banjir

SPACE PANJANG

 





LUWU UTARA – Intensitas curah hujan tinggi di wilayah hulu Sungai Rongkong, Luwu Utara, Sulawesi Selatan sejak beberapa hari terakhir membuat  4 desa di Kecamatan Malangke Barat terendam banjir.

Camat Malangke Barat, Sulpiadi mengatakan 4 desa yang sudah mulai terendam diantaranya Desa Cenning, Wara, Limbong Wara dan Waelawi.

“Ketinggian banjir antara 50 hingga 70 sentimeter yang merendam ruas jalan, permukiman warga dan lahan pertanian,” kata Sulpiadi, Jumat (20/8/2021).

Menurut Sulpiadi, saat ini terdapat satu desa yakni Desa Pombakk yang rawan, mengingat tanggul di desa tersebut rawan jebol.

“Beberapa tanggul di Desa Pombakka rawan jebol dan saat ini kades dan masyarakat setempat bergotong royong melakukan perbaikan,” ucap Sulpiadi.

Cuaca buruk yang terjadinya akhir-akhir ini dan menyebabkan banjir di Malangke Barat, Sulpiadi mengimbau masyarakat agar tetap waspada.

“Kami tak hentinya mengimbau masyarakatnya untuk tetap waspada akhir-akhir ini karena curah hujan di hulu tinggi dan ini akan menambah debit air DAS Rongkong yang kemudian dapat meluap di beberapa Desa di Kecamatan Malangke Barat,” ujar Sulpiadi.

Lanjut Sulpiadi, terkait kondisi ini Pemerintah Kecamatan Malangke Barat sudah berkoordinasi dengan kepala BPBD dan melaporkan hal ini ke Bupati Luwu Utara.

“Saya sudah imbau kepada masyarakat melalui kepala Desa lewat Grup Forkopmcam, Grup Pemdes dan Media lainnya agar warga setempat waspada dan untuk sementara tidak berada di sekitar bantaran sungai karena curah hujan kemungkinan masih tinggi di hulu," tutur Sulpiadi Camat Malangke Barat.

“Harapan dan Doa kita semua semoga banjir tahunan ini yang menjadi langganan khususnya beberapa Desa di Kecamatan Malangke Barat akibat curah hujan yang mengakibatkan luapan tidak terlalu besar dampaknya dan penanganan bendungan sungai Rongkong segera dilaksanakan,” harap Sulpiadi.

Sekadar diketahui, 8 Desa di Malangke Barat yang setiap tahunnya menjadi langganan banjir akibat luapan suangai Rongkong  yakni :

1. Desa Limbong Wara

2. Desa Wara

3. Desa Cenning

4. Desa Pombakka

5. Desa Waelawi

6. Desa Kalitata

7. Desa Pembuniang

8. Desa Pengkajoang (satu dusun)


Previous Post Next Post