Resmikan Pengerjaan 7,3 km Jalan, Plt Gubernur Tekad Tuntaskan Jalan Rusak di Ruas Soppeng - Pangkajene batas Sidrap

SOPPENG - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyatakan kesiapannya dalam menuntaskan Ruas Soppeng - Pangkajene batas Sidrap di Kabupaten Soppeng.

Hal itu disampaikan oleh Andi Sudirman saat meresmikan ruas Soppeng - batas Sidrap yang berlangsung di Kelurahan Batu-Batu, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Ruas yang diresmikan ini atas pekerjaan yang baru saja selesai dikerjakan sepanjang 7,3 km dengan nilai Rp 33 Miliar.

Ruas ini menjadi akses jalan yang merupakan ruas jalan utama penghubung Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Sidrap. Dimana pembangunan ruas jalan ini dikerjakan secara bertahap. Dimulai tahun 2019 dengan penanganan sepanjang 5,9 km senilai Rp 34 Miliar; tahun 2020 sepanjang 3,1 km senilai Rp 14,3 Miliar; tahun 2021 sepanjang 7,3 km dengan nilai 33 Miliar. Serta untuk tahap menuntaskan jalan ini, direncakan berlanjut di  tahun 2022 sekitar 2 km dengan anggaran 13 Miliar. Jika keseluruhan, maka total penanganan sepanjang 18,3 km, Pemprov Sulsel mengucurkan anggaran Rp 94,3 Miliar.

Masyarakat setempat pun tentu antusias menyambut hadirnya jalan beraspal ini. Mengingat kondisi sebelumnya, ruas Kabupaten Soppeng - Batas Kabupaten Sidrap mengalami rusak berat yang bertahun-tahun ditantikan penanganannya.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, "Alhamdulillah hari ini kita sudah resmikan dan sudah bisa dilalui masyarakat. Dulu kita pernah lewat kesini kondisinya rusak. Alhamdulillah, hari ini jalanan beraspal sudah bisa dinikmati masyarakat," ungkapnya.

Untuk tahun 2022 mendatang, perencanaan pembangunan 2 km akan menuntaskan jalan rusak pada Ruas Soppeng - Pangkajene batas Sidrap di Kabupaten Soppeng. Selain jalan ini, ada beberapa lokasi di Kabupaten Soppeng yang yang menjadi prioritas penanganan seperti Jalan Ruas Cabenge - Soppeng, Ruas Takkalasi - Bainange - Lawo, Ruas Takkalala - Cabenge, serta Pembangunan Jembatan Pacongkang.

Andi Sudirman Sulaiman mengaku, bahwa Pemprov Sulsel memprioritaskan infrastruktur ruas jalan dengan LHR (Lalu Lintas Harian Rata Rata) kategori tinggi. "Jika LHR tinggi kita intervensi maka banyak pengguna menikmati sehingga pergerakan barang dan jasa dapat memacu pentumbuhan ekonomi secara cepat," tuturnya.

Diharapkan dengan mendorong infrastruktur ini, bisa mempercepat akses distribusi barang dan jasa. Sehingga meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Ia pun meminta dukungan dari DPRD Provinsi serta Bupati untuk mengawal pembangunan yang diprioritaskan di Soppeng.  "Jangan mengambil nama saya atas hal ini. Namun ini adalah uang rakyat dan hak rakyat untuk mengambil dan menikmati kembali," tegasnya.

Previous Post Next Post