Basarnas Hentikan Pencarian Bocah Hilang Tenggelam di Sungai Rongkong

LUWU UTARA – Operasi pencarian terhadap hilang tenggelamnya bocah Fivo berusia 10 tahun di Sungai Rongkong, Desa Beringin Jaya, Kecamatan Baebunta Selatan, Luwu Utara, akhirnya dihentikan pada hari ketujuh Senin (23/8/2021) oleh Tim SAR gabungan Basarnas.

Baca : 21 Warga Terseret Arus saat Perahu Rakit Penyeberangan Menghantam Tiang Jembatan, 2 orang dalam Pencarian

Komandan Pos SAR Basarnas Palopo, Maickel Marth Femy mengatakan upaya yang dilakukan Tim SAR Gabungan terhadap korban cukup maksimal namun belum membuahkan hasil.

“Sejak dilaporkan hilang pada Selasa (17/8/2021) pekan lalu, kami langsung menerjunkan tim rescue untuk melakukan pencarian terhadap 2 korban hilang yakni Mannasia (50) dan Fivo, Mannasia berhasil ditemukan pada hari ketiga sementara Fivo hingga hari terakhir tidak ditemukan,” kata Maickel.

Baca Juga : Tim SAR Gabungan Basarnas Temukan 1 dari 2 Korban Perahu Terbalik di Luwu Utara

Maickel mengatakan sesuai protap Basarnas pencarian korban hilang, pencarian dilakukan selama 7 hari sejak korban dilaporkan hilang.

“Dengan demikian setelah hari ketujuh operasi pencarian terhadap korban hilang dinyatakan dihentikan pukul 16.00 Wita sesuai protap,” ucap Maickel.

Sebelum operasi dihentikan, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian di lokasi 1 hingga 2 kilometer dari lokasi kejadian pertama (LKP).

“Tadi masih dilakukan pencarian yang mana tempat tersebut dicurigai ada korban karena disitu ada bau, dan disitupula banyak tumpukan kayu sehingga tim menggunakan tali dan alat-alat lain. Selain itu ada tim yang melakukan infanteri dan mencari di sungai menggunakan perahu karet, hanya saja korban tidak ditemukan,” ujar Maickel.   

Berikut Unsur yang terlibat dalam pencarian ;

1. Tim Rescue Pos Unit Siaga SAR Palopo

2. BPBD Kabupaten Luwu Utara

3. Tagana Luwu Utara

4. Polsek Baebunta

5. SAR Sawerigading

6. SAR Brimob Bataliyon D Pelopor

7. SAR Pramuka Peduli Luwu

8. SAR Pramuka Lutra

9. SAR Unhas

10. SAR UNM

11. SAR Harnes

12. PMI Luwu Utara

13. ACT Luwu utara

14. PPRG Himalavana

15. PSC119

16. POS TNI AL Munte

17. SAR Malili

18. Wahana Muda Indonesia

19. Indonesia Rescue

20. Batara Guru Rescue

21. KPA Verbeq

22. Nasdem Rescue

23. Mori Diving Club

24. WIZ Wahdah Luwu Utara

25. Pemerintah Kecamatan Baebunta Selatan

26. Masyarakat setempat 

Previous Post Next Post