SPACE PANJANG

 




 

LUWU – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu, H Sulaiman, melalui zoom meeting, mengikuti acara Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota tahun 2020 berdasarkan penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) dengan bertajuk SAKIP-RB Award 2020 di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Melihat perkembangan kondisi terkini terkait pandemi Covid-19, acara ini dilaksanaan dengan perpaduan antara tatap muka langsung secara simbolis (offline) dan melalui daring (online).

Penyerahan hasil evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi (RB) dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah provinsi/kabupaten/kota tahun 2020 beserta rekomendasi perbaikannya diserahkan langsung oleh Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo.

“Dalam acara tadi, Menteri PANRB memberikan hasil evaluasi secara simbolis kepada 66 pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang hadir secara langsung diacara tersebut,” kata H Sulaiman.

“Alhamdulillah, tahun ini Kabupaten Luwu juga mendapat penghargaan karena berhasil naik peringkat. Dari tahun lalu mendapat nilai CC, tahun ini naik menjadi nilai B. Semoga tahun depan bisa meningkat lagi menjadi nilai BB,” jelasnya.

Perbaikan peringkat dari nilai CC menjadi B, menurut penjabat Sekda, tidak terlepas dari pendampingan yang dilakukan secara langsung oleh tim dari Kemenpan-RB kepada Pemkab Luwu.

“Kami anggap pendampingan dan arahan dari Tim Kemenpan-RB kepada Pemkab Luwu tahun lalu sangat berhasil karena mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahan sehingga berhasil naik peringkat,” lanjut H Sulaiman.

Penilaian SAKIP pemerintah daerah dibagi menjadi 7 kategori. Yakni paling rendah D dengan rentang nilai 0-30. Kemudian kategori C untuk nilai 30-50, CC untuk nilai 50-60, B untuk nilai 60-70, BB untuk nilai 70-80, dan A untuk nilai 80-90. Adapun kategori tertinggi yaitu AA dengan hasil penilaian 90-100.

SAKIP-RB Award dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah yang telah mampu menujukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya.

Dengan menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), instansi pemerintah diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran.

Previous Post Next Post