Puskesmas Sabbang Selatan Gelar Kegiatan Kelas Ibu Hamil dengan Protokol Kesehatan

SPACE PANJANG

 




LUWU UTARA - Kesehatan dan keselamatan ibu hamil tetap menjadi fokus perhatian para petugas kesehatan. Hal ini petugas Puskesmas Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar kegiatan kelas ibu hamil guna memberikan edukasi dan motivasi terhadap ibu hamil.

Pada kegiatan itu, bertempat di Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Terpedo Jaya, Kecamatan Sabbang Selatan, Senin (8/2/2021), Tim Puskesmas mengumpulkan para ibu hamil di wilayah Desa Terpedo Jaya dan diberikan informasi terkait kehamilan serta saran-saran kepada peserta kelas ibu hamil untuk menjaga kandungannya agar tumbuh sehat dan lahir dengan selamat.

Kelas ibu hamil itu dengan antusias diikuti oleh 12 ibu hamil dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

Pembicara dalam kegiatan itu, Rosdia P, S.Tr.Keb, meminta ibu hamil untuk tetap rajin memeriksakan kehamilannya secara berkala ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Memeriksakan kehamilan penting artinya dalam memantau perkembangan janin." kata Koordinator KIA Puskesmas Sabbang Selatan ini.

Ia mengatakan, tanda-tanda bahaya pada kehamilan dapat dideteksi secara dini jika ibu hamil rutin memeriksakan kehamilannya.

"Ibu hamil jangan tinggal diam jika merasakan kelainan pada kandungannya. Makin cepat diketahui kelainan itu, makin cepat petugas kesehatan bertindak." ujar Rosdia.

Menurut Rosdia, upaya pencegahan kematian ibu dan bayi menjadi salah satu prioritas dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak. Keberhasilan menurunkan kematian ibu dan anak salah satunya ditentukan oleh kepedulian keluarga, terutama ibu hamil untuk membiasakan hidup sehat, makan makanan sehat bergizi, melaporkan tanda-tanda bahaya pada kehamilan, serta komitmen ibu pada persalinan aman di fasilitas kesehatan. (ben)


Previous Post Next Post