Menkop UKM Dorong Peningkatan Belanja Produk UMKM di Luwu Timur

SPACE PANJANG

 




Virtual launcing Gerakan Belanja Produk UMKM ditandai dg finger scan oleh Wakil Bupati Luwu Timur disaksikan Kemenkop UKM, Kementerian Desa&PDTT, Pemrov Sulsel, manajemen PT Vale dan Asosiasi UKM Mutiara Timur Sulawesi Selatan
Virtual launcing Gerakan Belanja Produk UMKM ditandai dg finger scan oleh Wakil Bupati Luwu Timur disaksikan Kemenkop UKM, Kementerian Desa&PDTT, Pemrov Sulsel, manajemen PT Vale dan Asosiasi UKM Mutiara Timur Sulawesi Selatan

LUWU TIMUR - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Tetan Masduki menyerukan untuk meningkatkan belanja produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Luwu Timur untuk membantu pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara launching Gerakan Belanja Produk UMKM yang berlangsung di Sorowako, Minggu (7/2/021).

Menurut Menteri Teten, UMKM adalah penggiat ekonomi yang paling handal. UMKM berkontribusi terhadap PDB nasional sekitar 60% dan penyerapan tenaga kerja. Sayangnya, di masa pandemi Covid-19, UMKM menjadi sektor yang paling terpukul. “Karena itu, saya sangat mengapresiasi upaya kolaborasi pihak swasta dan asosiasi UKM menjadi mitra strategis untuk  memberikan tempat bagi para pelaku UMKM memasarkan produknya dan mendukung kebangkitan UMKM,” ujar Teten.

Gerakan Belanja Produk UMKM di Luwu Timur ini diinisiasi oleh PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) bekerjasama Asosiasi UKM Mutiara Timur Sulawesi Selatan untuk membantu promosi dan memperluas akses pasar produk UMKM binaan. Kemitraan yang dilakukan sejak tahun 2018 telah membina 584 pelaku UMKM di Luwu Timur. Dari jumlah tersebut, sekitar 86% pelaku usaha UMKM adalah kelompok perempuan, yang menandakan adanya keterlibatan perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga serta menggerakkan ekonomi dan pembangunan di Luwu Timur.

Selama masa pandemi Covid-19, para umumnya para pelaku UMKM binaan PT Vale di Luwu Timur mampu bertahan dan beradaptasi mengikuti proses pembinaan rutin bahkan dapat melakukan inovasi pengembangan produk dan pemasaran.

Pendampingan terhadap pelaku UMKM tidak hanya pelatihan, melainkan ditindaklanjuti dengan membantu memperkuat akses permodalan dan pasar bagi produk-produk UMKM. Selain membangun Galeri Kareso di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur yang menampung berbagai jenis produk UMKM binaan, seperti makanan ringan, bumbu dapur, produk herbal, kerajinan tangan, dan aneka produk olahan hasil perikanan yang berasal dari Danau Towuti dan Teluk Bone di Malili, kemitraan tersebut telah berhasil mengantarkan puluhan produk UMKM binaan untuk menembus pasar Makassar dan sekitarnya, Toraja, Palopo, dan Morowali, serta beberapa produk unggulan UMKM binaan yang sedang dalam proses kerja sama dengan pihak hotel dan ritel modern di Sulawesi Selatan.

Presiden Direktur PT Vale, Nico Kanter mengatakan keterlibatan perusahaan dalam mengembangkan UMKM sebagai bagian dari upaya menciptakan shared valueuntuk memajukan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat terutama di sekitar wilayah operasi perusahaan. Nico juga menyampaikan terima kasih atas arahan dan sinergi antara perusahaan dengan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten selama ini dalam mengembangkan UMKM di Luwu Timur. 

 

Gerakan belanja produk UMKM di Luwu Timurdiluncurkan secara virtual oleh Kemenkop UKM;Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tetinggal dan Transmigrasi-Kementerian Desa dan PDT, Ir. Harlina Sulistyorini; Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman;Kadis Koperasi dan UKM Pemprov Sulawesi Selatan, Abd. Malik Faisal; dan Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam.  Di akhir acara, dilakukan penandatanganan MoU antara UKM Kareso  dengan Koperasi Karyawaan PT Vale. Setiap bulannya anggota koperasi akan mendapatkan voucher belanja produk UMKM hingga Rp.300 ribu.

 

Sebagai adaptasi di masa new normalini, penjualan produk-produk UMKM Luwu Timur tersebutjuga telah mengadopsi pemasaran digital. Jadi,bagi masyarakat yang ingin belanja produk-produk UMKM Luwu Timur dapat memesan secara online.

Previous Post Next Post