Tunggu 500 Usulan, Petani di Lutra Akan Diberikan Dana Hibah



LUWU UTARA - Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama Bank Sulselbar Cabang Masamba, menggelar Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat Khusus Petani Jagung. di Kantor BPP Tanalili. Senin (7/9).

Kadis DKP, Alauddin Sukri mengatakan bahwa khusus untuk petani jagung, Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama Bank Sulselbar diharap dapat memberikan KUR pada petani jagung dengan bunga rendah berkisar 6%/tahun (soft loan).

“Hal ini sangat potensial untuk dimaanfaatkan petani sebagai modal, sebab tercatat di Luwu Utara terdapat 2.706 kelompok tani dengan jumlah anggoga 54.609 orang, namun hingga saat ini yang aktif adalah 2.687 kelompok,” kata Alauddin Sukri 

Ia menambahkan bahwa untuk luas pertanaman jagung di Luwu Utara hingga tahun 2019 sekira 27.027,6 hektare dengan produktifitas 5,35 ton/hektare.

“Luas pertanaman ini bertambah jika dibanding 2015 yang hanya berkisar 7.035,53 hektare dengan produktifitas 5,15 ton/hektare. Perlu diketahui bahwa sosialisasi KUR ini akan kita jadwalkan di 8 BPP se Kabupaten Luwu Utara hingga Rabu pekan depan,” tambahnya 

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Luwu Utara mengungkapkan bahwa akan menunggu 500 usulan kelompok tani yang bersyarat menerima dana hibah. 

“Saya menunggu 500 kelompok tani yang akan diusulkan menerima dana hibah untuk penguatan ekonomi. Segera masukkan proposalnya sebab dana hibah ini dialokasikan Rp.5 jt/ kelompok. Tentu yang akan menerima adalah petani pada umumnya yang sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan dalam peraturan bupati tentang dana hibah,” ungkap Indah Putri Indriani.
Previous Post Next Post