Talud di Rampoang Ambruk, Warga Khawatir Jalan Mereka Putus

SPACE PANJANG

 






PALOPO - Talud bronjong di Kelurahan Rampoang, Kecamatan Bara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, ambruk sekitar 15 meter. warga khawatir badan jalan dipinggiran aliran sungai Salu Pikung terancam tergerus.

Ambruknya bronjong tersebut memyebabkan kondisi pinggiran jalan perlahan terkikis karena bronjong yang dulunya lebih tinggi dari badan jalan, kini ambruk 2 meter dari atas permukaan badan jalan.

Menurut Arman, warga setempat mengatakan kondisi tersebut sudah diketahui pemerintah setempat sudah sejak lama dan juga sudah beberapa kali dikunjungi.

Sebelum bronjong ambruk, jalan tersebut masih bisa dilalui dan ketemu dua mobil tapi saat ini sudah tidak bisa, bahkan badan jalan bagian pinggir sungai terancam longsor karena sisi jalan yang dekat sungai sudah tidak ada lagi bronjong yang mencegah terjadinya erosi.

"Dulu mobil bisa ketemu di tempat tersebut tapi sekarang sudah tidak bisa karena bahahaya kalau di paksakan,kendaraan bisa jatuh ke sungai lalu kemudian badan jalan yang dekat sungai juga cepat atau lambat pasti akan longsor," kata Arman.

Warga berharap agar pemerintah segera mengatasi halk itu guna menghindari kerusakan lainnya seperti badan jalan yang sewaktu-waktu bisa  longsor.

"Saya berharap pihak terkait bisa mengatasi satu masalah ini agar bisa meminimalisir kerusakan yang bisa timbul karena bronjong yang sudah tidak berfungsi sesuai dengan peruntukan semula," ujar Arman.

Previous Post Next Post