Tenaga Bidan Desa 2 Kecamatan di Luwu Utara Diambil Sampel Swabnya

Pengambilan sampel Swab pada tenaga medis di desa (sumber : Portalluwukab.go.id)


LUWU UTARA – Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan Luwu Utara, Sulawesi Selatan, mengambil sampel spesimen swab hidung dan tenggorokan kepada 26 tenaga medis atau bidan desa di 2 kecamatan yakni Kecamatan Masamba dan Kecamatan Baebunta.

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Luwu Utara, Komang Krisna mengatakan dua kecamatan tersebut merupakan kecamatan paling banyak kasus terkonfirmasi positif covid-19.

“Pengambilan swab dilakukan untuk deteksi dini dan mencegah penyebaran covid-19 terhadap para tenaga medis yang selama ini berada di garda terdepan dalam penanganan covid-19,” kata Komang Krisna, saat dikonfirmasi, Jumat (29/05/2020).

Menurut Krisna pengambilan sampel swab akan terus dilakukan terutama di daerah atau kecamatan yang memiliki kasus positif covid-19.

“Kecamatan yang sudah ada kasus positif  covid-19 akan dilakukan pengambilan sampel bagi tenaga medis, ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran,” ucap Komang.

Sesuai Data Covid-19 untuk Kecamatan Masamba terdapat 19 orang dinyatakan positif Covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Sehat 8 orang dan PDP Meninggal 1 orang. Orang Dalam Pemantauan (ODP) 43 orang dan telah selesai dipantau.

Sementar Data Covid-19 untuk Kecamatan Baebunta terdapat 8 orang dinyatakan positif Covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Sehat dan meninggal nihil. Orang Dalam Pemantauan (ODP) 28 orang dan telah selesai dipantau.

Kecamatan lain di Luwu Utara yang terinfeksi Covid-19 yakni Kecamatan Baebunta Selatan 1 orang positif, Kecamatan Sabbang 1 orang positif, Kecamatan Sukamaju 4 orang positif, Kecamatan Bone-bone 3 orang positif, Kecamatan Mappedeceng 3 orang positif, Kecamatan Malangke, dan Kecamatan Tanalili 1 orang positif.

Data Covid-19 Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan per Kamis (28/05/2020) pukul 19.30 WITA menyebutkan jumlah Positif Covid-19 sebanyak 41 orang, 25 sembuh dan 16 sementara dirawat/karantina/isolasi.  Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 26 orang, 1 orang meninggal dunia dan 25 dinyatakan sehat, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 197 orang, 7 orang sementara dalam proses pemantauan dan 190 telah selesai dalam pemantauan. (Salim)


Previous Post Next Post