Salat idul Fitri di Tengah Pandemi Covid-19, Jamaah Masjid Besar Rantepao Ikuti Protokol Kesehatan




TORAJA UTARA - Warga Muslim di Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, tetap melaksanakan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah dengan penuh khidmat. Minggu (24/05/2020) pagi.

Meski berlangsung khidmat di tengah wabah corona atau covid-19, namun pelaksanaannya tetap tetap mengikuti protokol covid-19.


Pelaksanaan Salat dilaksanakan dengan pengawalan ketat pihak keamanan  dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 toraja utara  serta pemuda setempat.

Pengurus Masjid Besar Rantepao, Bumbun Pakata mengatakan jamaah yang datang dan ingin melaksanakan Salat Idul Fitri harus mengikuti protap kesehatan  dengan cara menjaga jarak  menggunakan masker dan juga mencuci tangan sebelum memasuki masjid.

“Kami bersyukur sekalipun dalam situasi yang memprihatinkan namun pemerintah memberikan kelonggaran khusus untuk pengurus masjid untuk melaksanakannya namun ternyata tadi pelaksanaannya diikuti jemaah yang cukup banyak dan tetap mengikuti protap kesehatan sehingga dengan demikian seluruh ketentuan itu sudah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, mudah-mudahan ini sebagai salah satu bentuk kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah,” kata Bumbun saat dikonfirmasi, usai Salat Idul Fitri, Minggu (24/05/2020).    

Pantauan di lokasi, petugas medis  Covid-19 yang ada didepan pintu masuk Masjid memeriksa suhu tubuh para jemaah, mendata setiap jamaah yang datang malaksanakan Salat  dan membagikan kantong plastik untuk tempat alas kaki guna mencegah penyebaran covid-19.

Usai Salat para jemaah tidak bersalaman seperti biasanya melainkan langsung menuju ke rumah masing-masing.

“Untuk amannya tidak ada salam-salaman atau bersentuhan, hanya salat Idul Fitri, terus langsung ke rumah, itupun di rumah belum tentu salaman dengan keluarga yang datang karena menjaga jangan sampai ada yang membawa covid-19, yang penting saling memahami dan mengerti kondisi saat ini,” ucap Arnis.   

Pelaksanaan Salat Idul Fitri  di Kota Rantepao pada tahun sebelumnya  selalu membludak hingga kejalan utama,  namun tahun ini pelaksanaannya hanya dilakukan didalam masjid akibat pandemi covid-19.


Previous Post Next Post