Sepekan yang Lalu Dari Jawa Timur, Satu Warga Luwu Dinyatakan Positif Covid-19
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU  - Dua orang warga Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan yang sempat mondok di salah satu pesantren di Surabaya, Jawa Timur dan setelah pulang kampung salah seorang diantaranya dinyatakan positif covid-19.

Direktur RSUD Batara Guru Belopa, Kabupaten Luwu  dr Daud Mustakim mengatakan satu diantara dua santri asal Luwu yang baru pulang mondok di salah satu pesantren di Jawa Timur dinyatakan positif Covid-19.

”Setelah hasil swab diterima dari laboratorium Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kota Makassar, melalui uji PCR (Polymerase Chain Reaction) satu diantaranya positif Covid-19,  yang satunya lagi negatif,” kata dr Daud Mustakim, Jumat (24/04/2020) malam, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Menurut Daud meski satu diantara dua santri dinyatakan positif covid-19, namun keduanya masih menjalani isolasi di RSUD Batara Guru Belopa.

”Guna betul-betul memastikan, santri yang negatif  kembali akan menjalani pemeriksaan swab, karena mereka jalan bersama,” ucap Daud.

Daud mengharapkan kepada warga Luwu  terkait adanya warga positif covid-19 agar tak perlu panik sebab santri tersebut belum sempat berinteraksi dengan warga setelah pulang dari pondok pesantren pekan lalu.

”Mereka dijemput di perbatasan Luwu oleh anggota polisi dan langsung dibawa ke RSUD Batar Guru Belopa untuk diisolasi sampai saat ini,” ujar Daud.

Sebelumnya berdasarkan hasil Rapid tes dinyatakan reaktif covid-19 di Bandara Hasanuddin Makassar dan diperiksa ulang di RSUD Batara Guru Belopa dengan hasil yang sama dan setelah dilakukan tes Swab satu diantaraya dinyatakan positif covid-19.

Kedua santri tersebut adalah Yeri Syawal dan Mursalim Karnang, warga Dusun Bullung, Desa Tiromanda, Kecamatan Bua,  Kabupaten Luwu.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto mengatakan kedua santri asal Luwu yang baru pulang mondok, saat tiba di perbatasan Kabupaten Luwu – Wajo, pada Jumat (17/04/2020) subuh dini hari lalu sekitar pukul 03.00 WITA, keduanya langsung diarahkan ke RSUD Batara Guru Belopa untuk menjalani pemeriksaan dan isolasi.

”Dari perbatasan langsung dikawal ke RSUD Batara Guru Belopa. Jadi, tidak ada kontak sama sekali dengan warga lainnya,” kata Fajar.

Saat ini di Sulawesi Selatan berdasarkan Data Pantauan COVID-19, Jumat  (24/04/2020) hingga Pukul 17:01 dalam laman web Sulsel Tanggap COVID-19 terdapat ODP (Orang Dalam Pemantauan) total 3.589 data ODP, 933 orang dalam proses Pemantauan,  2.656 yang telah selesai pemantauan.  Untuk Kategori PDP (Pasien Dalam Pengawasan) Total Data PDP 661, 357 Masih Dirawat, 246 Sehat dan 58 Meninggal.  Sedangkan Positif (Positif Covid-19) sebanyak 420 Data Positif, 303 Dirawat, 82 sembuh dan 35 meninggal.

Untuk Kabupaten Luwu jumlah pasien ODP 56 orang, PDP 3 orang dan Positif 2 orang, 1 orang dalam perawatan dan 1 orang telah meninggal dunia.

Previous Post Next Post