Satu Warga Luwu Utara Dinyatakan OTG Positif Covid-19, Pasien Jalani Karantina di Makassar




LUWU UTARA – Orang Tanpa Gejala (OTG) dinyatakan positif  terpapar Covid-19 asal Luwu Utara, Sulawesi Selatan, hal tersebut disampaiakn juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu Utara, Komang Krisna.

Menurut Komang Krisna satu orang tanpa gejala (OTG) asal Luwu Utara terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kota Makassar. melalui uji PCR (Polymerase Chain Reaction).

“Hasil yang tidak menyenangkan dari cluster Timboro, warga Luwu Utara yang terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan uji PCR BBLK Makassar, sehingga Luwu Utara sudah ada satu kasus positif import case,” kata Komang Krisna, saat dikonfirmasi,  Jumat (24/4/2020).

Menurut Komang Krisna, saat  ini warga yang dinyatakan OTG positif covid-19 tersebut tengah menjalani karantina selama 14 hari di Makassar.

“Kepastian informasi ini kami dapatkan dari Tim Gerak Cepat Surveilans Provinsi Sulsel melalui telpon pagi tadi,” ucap Komang Krisna.

Komang Krisna menyebutkan dengan adanya warga Luwu Utara yang pertama terpapar positif covid-19 ini maka pihaknya akan melakukan langkah guna mencegah penularan dari OTG tersebut, yaitu melakukan penelusuran kontak (kontak tracking) dengan siapa OTG ini melakukan kontak selama dalam perjalanan.

“Kami akan melakukan pelacakan dan akan kami telusuri riwayat perjalanannya untuk identifikasinya, langkah lainnya adalah memberikan edukasi terhadap keluarganya, serta memantau seluruh santri yang ada di luar Kabupaten Luwu Utara yang melakukan perjalanan pulang,” ujar Komang Krisna.

Komang Krisna berharap kepada warga untuk tidak menganggap remeh covid-19 ini, karena tidak diketahui siapa di sekitar kita ini yang steril dari covid-19 atau tidak, belum lagi mobilitas penduduk dari daerah terinfeksi juga cukup tinggi, sehingga yang perlu diwaspadai orang tanpa gejala.

“Tetap sehat, jangan menulari orang lain, dan jangan tertular, dengan cara selalu pakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun, dan tetap tinggal di rumah. Jadikan rumahku adalah surga,” harapnya.

Previous Post Next Post