Longsor Sisakan Jalan Satu Meter, Pengendara Roda Dua Nekat Melintas
INSPIRASI TIMUR INDONESIA



TANA TORAJA – Bencana tanah longsor kembali terjadi di Dusun Tali Tallu, Lembang (Desa) Limbong Sangpolo, Kecamatan Kurra, Tana Toraja putus  setelah diguyur hujan deras.

Putusnya akses yang menghubungkan Kecamatan Kurra dengan Kecamatan Bittuang membuat warga terpaksa menyambung kendaraan.

Kondisi jalan yang longsor tersebut tersisa satu meter yang membuat sejumlah pengendara roda dua nekat melintas, meski berbahaya.

Camat Kurra Pery Sanggalangi, mengatakan akibat longsor ini, warga dari Bittuang  yang ingin ke Kurra tidak dapat melintas, maupun sebaliknya, warga terpaksa harus memutar lewat Kecamatan Rembon.

"Kejadiannya Senin (03/02/2020) malam tadi, jalan penghubung ke kecamatan Bittuang putus. Pagi hari hingga sore ini, warga yang sudah terlanjur melintas dan dapat jalan putus terpaksa harus menyambung bahkan sebagian jalan kaki meneruskan perjalanannya,” kata Pery, saat dikonfirmasi, Selasa (04/02/2020).

Menurutnya Pery, dengan kejadian ini pihaknya telah berkordinasi dengan Satgas Penanggulangan Bencana Tana Toraja untuk penanganannya.

"Kami sudah berkordinasi dengan Satgas Penanggulangan Bencana, untuk penangan jalan putus tersebut, warga juga sudah ke lokasi longsor untuk mencari upaya agar jalan tersebut dapat dilalui, pagi tadi warga yang melintas dibantu sama petugas kecamatan, dari TNI dan Polisi," ucap Pery.

Kepala BPBD Tana Toraja Alfian Andi Lolo mengatakan tim satgas bencana telah melakukan peninjauan lokasi.

“Kesimpulannya bahwa kami akan membuka jalan darurat disebelah dari jalan yang longsor agar lalu lintas segera berjalan dan aktivitas warga kembali normal,” ujar Alfian.





Previous Post Next Post