SPACE PANJANG

 





LUWU - Sebanyak 150 personel Kepolisian Resor Luwu pengamanan acara Maccera Tasi di Pelabuhan Ulo-ulo, Desa Belopa, Kecamatan Belopa, Luwu, Selasa (10/9/2019).

Kabag Ops Polres Luwu, Kompol Samurai Anata, saat pengamanan di lokasi acara mengatakan bahwa pengaman tamu Maccera Tasi dikawal saat masuk di perbatasan Luwu-Palopo yakni mulai dari Kecamatan Bua.

"Kemarin Polres Luwu juga backup kegiatan Festival Keraton Nusantara XIII di Palopo satu pleton," katanya, selasa (10/09/2019)

Menurutnya pasukan satu pleton ini berjumlah 30 hingga 50 personel.

"Untuk hari ini kita gabung satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) atau tiga pleton, bergabung dengan jajaran Polsek," tuturnya.

Maccera tasi ini rangkaian kegiatan Festival Keraton Nusantara XIII di Kedatuan Luwu, Kota Palopo.

Kegiatan Maccera Tasi diawali dengan prosesi  Mallekke Wae (Mengambil Air) di istana kedatuan pada 6 September.

Dan hari ini merupakan kegiatan inti (mata gau'). Dimana rombongan Datu Luwu bersama para raja dan ratu menuju Belopa. Para tamu menyaksikan kegiatan di lokasi acara di Pelabuhan Ulo-ulo.

Dalam prosesi, Datu Luwu bersama 13 dewan adat menaiki pincara (perahu) di Pelabuhan Tadette, di Desa Senga Selatan menuju ance (menara upacara) di Pelabuhan Ulo,ulo.

Sebelum ke tenda para tamu, pincara datu bersama 13 dewan adat mengelilingi ance sebanyak tiga kali. 

Kemudian adzan dikumandangkan dari empat penjuru mata angin, Datu Luwu menuju tenda acara bergabung dengan para raja dan ratu, disambut dengan cara adat.
Previous Post Next Post